Jenis-Jenis Slam Dunk

 Dalam permainan Bola Basket dikenal istilah "Slam Dunk". Slam Dunk adalah teknik melompat kemudian membanting bola ke dalam ring. Slam Dunk Sendiri memiliki berbagai macam jenis dengan cara melakukan yang berbeda pula. Berikut Jenis-Jenis Slam Dunk yang populer


  • DOUBLE PUMP
Pada awal melompat bola dikontrol oleh kedua tangan, dan saat berada di udara bola diangkat setinggi dada, kepala, atau yang lebih tinggi. Kemudian dengan cepat bola di dorong ke arah bawah, memanjangkan lengan, membawa bola di bawah pinggang dan akhirnya Bola dibawa ke atas kepala lalu dibanting ke rdalam ring dengan kedua tangan.

  • TOMAHAWK
Saat Tomahawk Dunk seorang pemain mengoper bola kepada dirinya sendiri dengan cara memantulkan bola ke lantai, papan ring, atau fasilitas lain yang tersedia kemudian ia menangkap kembali bola dan terakhir melakukan dunk.


  • WINDMILL
Sebelum lepas landas, atau pada awal melompat, bola dibawa ke perut kemudian gerakan kincir angin dimulai dengan menggerakan bola dibawah pinggang sesuai dengan panjang lengan pemain yang sepenuhnya di perpanjang. Kemudian mengikuti perputaran lengan, bola bergerak dalam gerakan melingkar searah jarum jam (atau terbalik) kemudian bo dibanting ke dalam ring.

  • BASELINE DUNK
Ini adalah variasi dunk dimana pemain datang dari samping ring, bukan dari depan.

  • UNDER THE LEG
Untuk lompatan satu kaki bola umumnya dioper ke tangan non-dominan sesaat sebelum atau pada saat lepas landas. Untuk lompatan dua kaki pengoperan ini tertunda beberapa milidetik karena kedua tangan mengontrol bola untuk mencegah jatuh di momen tambahan saat menanjak.Di udara, umumnya kaki dominan dinaikkan dan bola dipindah dari tangan non-dominan ke tangan dominan di bawah kaki dan akhirnya bola dibanting ke dalam ring

  • ELBOW HANG
Pemain mendekati tujuan dan melompat karena mereka akan melakukan sebuah generic dunk. Bukan hanya mencelupkan bola dengan satu atahu dua tangan, tetapi pemain memasukan lengan mereka ke dalam ring dan mengaitkan siku mereka di ring untuk menggantung beberapa saat.

  • FROM A DISTANCE
Ini adalah dunk dimana pemain melompat dari titik take-off yang cukup jauh dari ring, biasanya titik yang diambil adalah garis free throw karena mudah diamati. Untuk mencapai waktu dan ketinggian yang pas pemain biasanya melompat dengan satu kaki.

  • FREE-THROW LINE
Ini adalah jenis dunk yang dimulai dengan lompatan dari garis free throw. Secara garis besar gaya ini tidak jauh berbeda dari From a Distance Dunk.

  • ALLEY OOP
Alley Oop adalah salah satu dunk yang dianggap rumit karena tidak hanya memerlukan skill individu yang tinggi namun juga kerja tim yang solid. Pada Dunk ini seorang pemain membawa bola kemudian mengoper ke pemain lainya yang menjadi eksekutor. Sang eksekutor harus melompat untuk menerima bola dan tanpa turun kembali ke lantai ia langsung menceploskan bola ke dalam ring.
 


Itulah berbagai variasi Slam Dunk yang sampai saat ini masih menjadi yang paling populer. Tertarik mencoba? (HZ)

No comments

Powered by Blogger.