Pencetak Poin pertama NBA

Pencetak Poin Pertama dalam Sejarah NBA Wafat
   NBA boleh dibilang merupakan liga bola basket paling bergengsi di jagat raya. Lebiha dari ribuan pemain pernah bergabung di Kompetisi yang berbasis di Amerika-Kanada ini. Namun dari ribuan pemain tadi apakah anda tahu siapa pemain yang pertama kali mencetak poin di NBA?
   Benjamin 'Ossie' Schectman adalah jawabannya. Namanya mungkin tak setenar Michael Jordan atau Kobe Bryant, bahkan ia hanya bermain satu musim di BAA (Cikal bakal NBA), namun lay up-nya pada saat timnya New York Knickerbokers melawan Toronto Huskies seolah membuat derajatnya sejajar dengan MJ dan Kobe.
   Pertandingan antara Knickerbokers versus Huskies sejatinya merupakan laga pertama BAA, pendahulu NBA yang dimulai sejak 1946-1947. Pertandingan ini sendiri berkesudahan dengan kemenangan satu bola 68-66 bagi Knickerbokers. Meski kejadiannya sudah berpuluh-puluh tahun yang lalu, Schetman masih ingat dengan lay up bersejarah tersebut.
   "Aku mencetak lay up dengan ayunan rendah melalui kedua tangan. Itu merupakan tembakan yang standar kala itu," kata Schectman dalam sebuah wawancara dengan ESPN pada 2003 silam.
   "Aku juga masih ingat menerima umpan tersebut di ujung lapangan sambil berlari, tapi sayangnya aku tak bisa mengingat siapa yang mengumpankan bola tersebut," cetus Schectman.
   Benjamin Schetman sendiri wafat pada tahun 2013 ini, yaitu pada usia 94 tahun.

No comments

Powered by Blogger.