Peraturan Dalam Basket (Part II)

Kita lanjutin post tentang peraturan dalam basket.

Oke bang, eh neng....



3. The Officials 


Ofisial dalam pertandingan terdiri dari beberapa macam, ada pencatat statistik pertandingan, ada pencatat skor, namun yang paling penting dari semua nya adalah wasit, ya wasit bukan wasir. Wasir itu penyakit, wasit itu pengadil.

Wasit atau referee bertugas sebagai pengatur jalan nya pertandingan. Tugas sebagai pengadil dalam permainan basket tidak lah mudah. Tidak seperti sepak bola yang tinggal tiup peluit dan menunjuk dimana terjadi pelanggaran nya, pada permainan basket wasit harus menggunakan tangan nya untuk menggambarkan pelanggaran seperti apa yang dilakukan. 


 Beberapa gerakan wasit.

3. Fouls and Violations


Foul atau pelanggaran dalam basket cukup bervariasi, tergantung jenis foul nya, pemain dapat mendapatkan hasil yang berbeda. Tiap pemain mendapatkan jatah personal foul 5 kali. Dan setiap tim juga mendapatkan jatah foul yaitu 4 foul per quarter (biasa disebut juga fouls to give), jika kuota foul tim telah lebih dari 4 maka tim lawan akan mendapat hadiah free throw, walau pun lawan tidak melakukan shooting dan tidak terjadi shooting foul.

Berikut adalah beberapa foul yang ada dalam basket.

  1. Personal foul : Pelanggaran yang dilakukan pemain, baik sengaja atau tidak. Pemain mendapat kuota foul sebanyak 5 kali.
  2. Charging/offensive foul : Terjadi ketika pemain membawa bola dan menabrak lawan dengan sengaja. Pemain akan mendapat personal foul.
  3. Blocking foul : Kebalikan dari charging foul, lawan yang ditabrak akan mendapat personal foul.
  4. Technical foul : Pelanggaran yang tidak terjadi karena kontak fisik pada pertandingan, namun dapat mengenai pemain, pelatih, ofisial bahkan pendukung/suporter tim.
  5. Flagrant foul : Melakukan pelanggaran dengan serius yang bersifat mencederai/kasar.
  6. Intentional foul : Mem-foul lawan dengan sengaja.
  7. Shooting foul : Terjadi ketika pemain melakukan foul kepada pemain lawan saat melakukan shooting, dan mendapat free throw. Jumlah free throw bergantung saat kejadian foul. Ketika pemain melakukan foul saat lawan menembak di area 2 poin, maka lawan akan mendapat 2 free throw dan jika saat terjadi foul bola nya masuk dan dihitung 2 poin maka lawan akan mendapat 1 free throw (biasa disebut 3 point play). Berlaku juga pada shooting di area 3 point, ketika pemain melakukan foul, maka lawan akan mendapat 3 free throw, dan jika bola nya masuk maka lawan akan mendapat 3 poin dan bonus 1 free throw (biasa disebut 4 point play).

Violations, sedikit berbeda dari foul. Violation adalah semacam kesalahan yang dilakukan pemain dan menghasilkan turnover (bola pindah ke penguasaan lawan).

Beberapa macam violations yang sering terjadi di pertandingan.

  1. Travelling violation : Ketika pemain melangkah lebih dari 2 kali, dan tidak melakukan dribble.
  2. Double dribble : Saat pemain melakukan dribble lalu memegang bola dengan 2 tangan dan melakukan dribble lagi.
  3. Backcourt violation : Ketika pemain membawa bola melewati garis tengah dan kembali melewati garis tengah saat membawa bola atau menerima passing dari kawan.
  4. 24 seconds violation : Tidak melakukan tembakan dalam waktu 24 detik.
  5. 8 seconds violation : Tidak melewati garis tengah selama 8 detik setelah in-bound pass.
  6. 5 seconds violation : Tidak melakukan passing selama 5 detik saat in-bound pass.
  7. 3 seconds violation : Berada di key area lawan selama 3 detik.
  8. Goaltending : Menyentuh/menggangu bola yang telah ditembakkan lawan di area ring basket.

Segitu dulu buat peraturan basket nya, kalo mau lihat peraturan lebih jelas nya bisa download di FIBA Basketball Official Rules

No comments

Powered by Blogger.