Posisi Dalam Basket (Part II)

Oke, sekarang kita masuk part 2. Kita akan bahas tentang Small Forward dan Power Forward.

Bang Dirk pamer ketek abis dicukur nih.

3. Small Forward


Small Forward adalah salah satu posisi paling populer dalam permainan bola basket, biasa disingkat SF atau juga disebut posisi tiga (3). Kenapa populer, karena rata - rata pemain berposisi Small Forward adalah pemain yang versatile (all-rounder) atau serba bisa. Mereka mampu menjadi scorer utama dalam tim, bermain defensive, mengambil rebound dan beberapa bahkan dapat menjadi leader (playmaker/ballhandler) dalam tim, seperti yang kita lihat pada sosok LeBron James ( Miami Heat) atau pun Kevin Durant (Oklahoma City Thunder).

Beberapa Small Forward dituntut untuk dapat bermain pada dua posisi, yang memiliki badan lebih besar dan atletis biasa nya juga bermain pada posisi Power Forward, sedangkan yang berbadan lebih kecil, cepat, lincah dan memiliki akurasi shooting yang bagus biasa bermain juga pada posisi Shooting Guard.

4. Power Forward


Posisi keempat adalah Power Forward, disingkat (PF) atau posisi empat (4). Berbadan tinggi besar, seorang Power Forward adalah 2nd defensive line dalam tim setelah Center. Bertugas untuk mengambil rebound dan dalam situasi menyerang atau offense, bertugas sebagai screen man. Membuka posisi ballhandler/playmaker untuk dapat drive-in ke arah ring atau justru membuka diri nya sendiri untuk scoring setelah lepas dari permainan pick and roll.

Seorang Power Forward juga dapat menjadi scorer utama dalam tim, memiliki akurasi tembakan yang bagus dan beberapa bahkan menjadi 3-points shooter seperti Kevin Love (Minnesota Timberwolves), Dirk Nowitzki (Dallas Mavericks) dan salah satu big man shooter legendaris di NBA Larry Bird (Boston Celtics). Memiliki kemampuan shooting yang baik, Power Forward memiliki opsi penyerangan lebih banyak, selain screen, rebound dan post-up saja. 

Posisi terakhir akan kita bahas di post berikut nya ya.

Tembak bang. Tembak bola nya maksud nya.

No comments

Powered by Blogger.