Posisi Dalam Basket (Part III)

Oke, last part tentang posisi dalam basket. Posisi terakhir adalah Center, yuk check it out.

5. Center


Center, biasa disingkat (C) atau posisi lima (5). Biasa nya diisi oleh pemain dengan badan paling tinggi dan besar dalam tim yang biasa disebut juga sebagai bigman. Bertugas sebagai petarung dibawah ring, memenangkan rebound (offensive ataupun defensive rebound), mampu menjaga pertahanan dengan block, dan memenangkan pertarungan offense dengan underbasket.

Kebanyakan Center adalah pemain dengan kemampuan defensive yang sangat baik, karena mereka bertugas sebagai last man standing dalam tim, ketika pemain lain berhasil dilewati oleh lawan, dia yang akan menjadi pertahanan terakhir dalam tim. Kemampuan block dan rebound yang baik menjadi keharusan sebagai pemain defensive, seperti Dwight Howard (Houston Rockets) yang beberapa kali menjadi defensive player of the year dalam NBA.

Sebagai pemain dengan kemampuan defensive yang baik, kebanyakan Center tidak memiliki kemampuan shooting yang baik juga, ini menjadi kelemahan karena biasa nya lawan akan mem-foul-kan Center dan berharap free throw nya akan meleset dan tidak masuk. Namun tidak semua Center memiliki kemampuan shooting yang jelek, kita bisa lihat dalam diri Tim Duncan (San Antonio Spurs) dan LaMarcus Aldridge (Portland Trailblazers). Sebagai seorang bigman, mereka mempunyai kemampuan shooting yang sangat baik, dan menjadi scorer utama dalam tim.

Oke, kayak nya segini dulu yang bisa dibahas di post ini.

Jadi posisi lo yang mana nih ??


No comments

Powered by Blogger.