Posisi Dalam Basket

Posisi dalam basket

Ada beberapa posisi yang ada dalam permainan basket. Yaitu :

  1. Point Guard
  2. Shooting Guard
  3. Small Forward
  4. Power Forward
  5. Center


Yuk, kita bahas satu - satu.

1. Point Guard


Pertama, adalah Point Guard, Point Guard (PG) atau yang biasa disebut juga posisi satu (1), adalah otak dalam permainan basket. Dimana seorang Point Guard adalah orang yang selalu membawa bola (biasa disebut juga ballhandler), pengatur permainan (playmaker), pemimpin dilapangan (floor general) dan pendistribusi bola.

Beberapa Point Guard murni yang terkenal adalah, Steve Nash (Los Angeles Lakers), Chris Paul (Los Angeles Clippers),  Russel Westbrook (Oklahoma City Thunder) dan Point Guard legendaris pada era 80an yaitu John Stockton dan Magic Johnson.

Tugas yang cukup berat, namun sangat penting dalam permainan basket. Seorang Point Guard harus memiliki visi (pandangan) yang bagus, melihat ke sekeliling lapangan, mencari teman yang kosong yang siap dalam posisi menembak dan mencari celah untuk masuk ke daerah lawan. Tugas dari seorang Point Guard yang paling penting adalah distribusi bola, bagaimana pun juga sebagai seorang playmaker dia harus tahu kapan waktu yang tepat untuk passing bola, dan siapa kawan yang di passing.

Namun beberapa tahun terakhir tugas Point Guard menjadi lebih terbuka dengan banyak nya opsi permainan seperti scoring, contoh di beberapa tim NBA, Point Guard kini menjadi scorer utama tim, sebut saja Derrick Rose (Chicago Bulls), Rajon Rondo (Boston Celtics), Stephen Curry (Golden State Warriors) dan masih banyak lagi. Namun walau bertindak sebagai scorer utama tim, mereka juga masih berperan penting sebagai playmaker dengan distribusi bola yang bagus.

2. Shooting Guard


Kedua, Shooting Guard (SG) dan biasa disebut juga posisi (2) adalah scorer utama tim, karena dia adalah shooter utama dalam tim, dan mampu menembak dengan baik. Salah satu skill yang harus dimiliki seorang Shooting Guard adalah tembakan 3 angka, karena tembakan 3 angka adalah salah satu senjata mematikan dalam permainan basket. Beberapa Shooting Guard legendaris yang sangat terkenal adalah Michael Jordan, Reggie Miler dan Allen Iverson.

Beberapa Shooting Guard dapat berperan sebagai Combo Guard yaitu  menjadi playmaker/ballhandler dalam tim, membawa bola dan mengatur permainan, namun tetap berperan sebagai scorer utama dalam tim. Berapa contoh pemain nya adalah, Kobe Bryant (Los Angeles Lakers), Dwayne Wade (Miami Heat), Jamal Crawford (Los Angeles Clippers), dan banyak lagi. Tipikal seorang Shooting Guard yang dapat bermain sebagai Combo Guard biasa nya memiliki tinggi badan sedikit lebih tinggi dari Point Guard.

Keunggulan lain Shooting Guard adalah bisa bermain di posisi Small Forward yang biasa disebut swingman. Beberapa Shooting Guard seperti ini biasa nya memiliki badan sedikit lebih besar dari Shooting Guard normal agar mampu bertarung dibawah ring (biasa disebut under basket) saat melakukan drive-layup, shooting under basket, post up atau pun rebound.

Posisi lainnya akan kita bahas di post selanjut nya.

No comments

Powered by Blogger.