Teknik Dasar Bermain Basket

Semua hal pasti ada pertama kali nya. Lo semua juga pasti pernah ngalamin sesuatu buat pertama kali. Sama kayak basket pasti ada pertama kali nya. Ya, buat yang pertama kali main basket pasti butuh hal - hal dasar buat dipelajari, sekolah aja ada sekolah dasar. Masa lo main basket gak ada dasar. Dasar lo ah.

Dasar basket yang paling dasar itu sebener nya ada 3. Ya, cuma 3. Apa aja sih dasar basket? Nih.
  • Passing
  • Dribbling
  • Shooting
Mari kita pelajari satu - satu

1. Passing


Passing atau mengoper atau mengumpan. Passing adalah dasar dalam bermain basket. Kemampuan memberi, mengoper bola kepada rekan satu tim. Tidak hanya asal lempar bola kepada kawan, kita juga harus memastikan bola itu sampai kepada kawan kita, tidak direbut oleh lawan, memperhatikan sekitar sebelum mengoper, melihat posisi lawan dan kawan, jangan sampai saat kita mengoper kepada kawan, bola nya malah direbut oleh lawan sehingga berakhir dengan turnover dan poin oleh fastbreak lawan.

Passing memiliki berbagai macam cara dan bentuk, antara lain chest pass, bounce pass, touch pass, dan masih banyak lagi. Chest pass dan bounce pass adalah metode pass yang efektif dan paling dasar.

  1. Chest Pass : Memegang bola menggunakan 2 tangan didepan dada, dan mendorong nya kedepan. 
  2. Bounce Pass : Sama seperti chest pass, memegang bola menggunakan 2 tangan didepan dada tapi kali ini dorongan agak ditekan kan kebawah, sehingga bola dapat memantul kebawah lalu kedepan.
Ilustrasi chest pass dan bounce pass. Di peragakan oleh model so nice.


Model passing sebenar nya sangat beragam dan lumayan banyak, namun untuk belajar dari awal dan dasar, chest pass dan bounce harus 100% menguasai.

2. Dribbling


Dribbling, menggiring bola adalah teknik dasar bermain basket. Kemampuan ini harus 100% dimiliki oleh setiap pemain basket, namun tidak semua pemain basket diharuskan untuk melakukan dribble. Seperti kita lihat pada kebanyakan bigman (Power Forward dan Center), mereka tidak terlalu banyak dribble dan kebanyakan memang tidak terlalu bisa men-dribble bola dengan baik.

Model dribble dalam basket juga cukup beragam, ada crossover, between the leg, behind the back dan lain - lain. Namun teknik dasar belajar dribble adalah dribble ditempat dan memutar bola disekitar pinggang. Kayak latihan nya Hanamichi Sakuragi di serial anime Slam Dunk.

Latihan dribble ditempat.

3. Shooting


Shooting sendiri secara dasar dibagi menjadi kurang lebih 2 macam, yaitu shooting normal/biasa dan lay-up. 

Pertama adalah shooting. Yang butuh latihan khusus saat shooting adalah bagai mana bentuk tangan saat melakukan shooting, pertama pastikan pijakan kaki seimbang dan tidak goyang, lalu buat lah tangan kanan membentuk sudut kurang lebih 90 derajat (seperti membentuk huruf L) dengan tangan menengadah ketas dan memegang bola, dan tangan kiri diletakkan di sisi kiri bola untuk mengarah kan bola ke arah ring. Jika pemain kidal, tinggal dibalik saja form nya. Kita bisa lihat contoh shooting yang baik dari salah satu shooter terbaik NBA, yaitu Steve Nash.

Powered by Blogger.