Tips melakukan passing

Tips melakukan passing

Passing merupakan keterampilan penting dalam permainan bola basket, dan memiliki berbagai jenis. Kunci melakukan passing adalah menemukan pemain yang terbuka dan memilih jenis passing yang tepat.

Dua jenis paling umum adalah chest pass dan bounce pass

1. Chest Pass
   Bola dioper dari daerah dada langsung ke teman dengan sedikit busur tanpa pantulan. Ini adalah cara mengoper yang paling mudah diterima.
2. Bounce Pass
   Bola dioper dari daerah dada atau daerah pinggang dengan cara dipantulkan sekali pantulan ke arah teman. Ini adalah cara yang sulit dipotong lawan karena bola memantul dekat kaki lawan dan mereka tidak punya cukup waktu untuk meraih bola pantul tersebut. Itulah mengapa Bounce pass sangat efektif dan populer.

Berikut beberapa tips mengoper :
1. Oper dengan dua tangan. Dengan mengoper dengan dua tangan anda memiliki kontrol yang lebih dan dapat dengan mudah menempatkan backspin pada bola.
2. Bergerak ke posisi kawan. Masukkan berat badan anda ke arah operan untuk memastikan kecepatan yang tepat dan terkendali.
3. Selalu mengikuti. Sama seperti penemembak yang baik, seorang passer yang baik akan mengoper sambil mengikuti arah operan.
4. akhiri dengan ibu jari menunjuk ke bawah. Jempol harus menunjuk ke bawah pada akhir operan. Hal ini memastikan operan anda lebih mudah ditangkap
5. Buat kawan merasa nyaman. Jangan menggunakan kecepatan yang terlalu tinggi, dan selalu membaca bahasa tubuh kawan anda apakah ia siap untuk menerima bola? dimana tangan mereka?
6. Menghindari defender. Pemain bertahan yang agresif akan melewati jalur operan dan melakuan tipped (potongan). Lebih baik oper ke kawan yang berada diluar penjagaan lawan.
7. Membuat operan mudah. Kebanyakan turnover amatir terjadi karena pemainn melakukan operan sulit dan asal-asalan. Dengan berfikir cerdas mencari momen yang tepat akan membuat operan terasa lebih mudah dan mulus.
8. Pahami tangan kawan. Kawan yang telah siap menembak akan siap menerima bola. Pastikan dimana posisi tangan kawan anda, lakukan passing yang sekirnya mudah untuk dikonversikan menjadi shooting.
9. Beri insturksi secukupnya. Jangan terlalu sering memanggil/meminta kawan untuk menerima bola. utamakan untuk mencari kawan yang benar-benar sudah siap menerima bola agar timing tepat.
10. Gunakan trik dengan hati-hati. Trik-trik dalam mengoper bisa memberi keuntungan bila dilakukan dengan benar dan baik. tetapi bila belum profesional justru bisa menjadi biang turnover.
11. Jangan melompat. Jika anda melompat anda tidak boleh mendarat dengan bola di tangan. Dan yang paling umum terjadi adalah mengoper dengan terpaksa sehingga operan yang dihasikan buruk.
12. Pilih target. Jangan buang bola ke sumber suara kebanyakan teman anda. Ini bereiko terjadi kesalah pahaman diantara kawan-kawan anda.
13. BONUS : Latihan passing. Lakukan permainan biasa tanpa dribble, ini akan membuat lebih banyak passing.

Di bawah ini adalah tips menerima bola :
1. Menangkap dengan dua tangan dan meraih dengan otot. Dengan dua tangan bola akan lebih terkendali dan mengurangi dorongan dari bola. Anda juga akan lebih mudah meneruskan operan menjadi tembakan atau tripple.
2. Datang ke bola. Jika anda menunggu bola datang ke anda, lawan punya kesempatan yang lebih besar untuk memotong bola di udara. Setelah rekan mengoper bola tugasnya selesai, dan ketika bola melampung giliran anda yang bertugas mendapatkan bola.(HZ)

NBA Reader

No comments

Powered by Blogger.