NBA From The World : Polandia

   Polandia merupakan sebuah negara yang tidak terlalu besar. Terletak di Eropa yang merupakan salah satu pusat peradaban sepak bola, Polandia juga mampu menyumbang kontribusi dalam dunia Bola Basket. Tercatat negara yang terletak di utara Jerman ini sudah menyumbang tiga pemain di NBA.

1. Marcin Gortat

Marcin Gortat adalah salah satu pemain terbaik asal Polandia. Gortat yang kini memperkuat klub ibukota Washington Wizards sempat mengalami pasang surut dalam perjalanan karirnya. Pria kelahiran 17 Februari 1984 ini menembus NBA melalui Orlando Magic pada 2007, namun di tahun itu juga ia dialokasikan ke Development-League untuk bermain di Anaheim Arsenal. Setelah setengah tahun barulah ia dipanggil kembali oleh Orlando Magic. Gortat merupakan orang Polandia pertama yang bermain di Final NBA, tepatnya Final tahun 2009. Namun ia gagal menjadi orang Polandia pertama yang memenangi NBA karena Magic harus kalah 4-1 dari Lakers. Pada tahun 2010 Gortat ditransfer ke Phoenix Suns sebelum akhirnya berkostum Wizards pada 2013.

2. Maciej Lampe

Pemain ini lebih muda dari Gortat, namun ia justru lebih dulu merasakan atmosfer NBA yakni pada tahun 2003. Ia dipilih pada urutan ke 30 NBA Draft oleh New York Knicks. Tiap musim Lampe memperkuat klub yang berbeda. Pada musim kedua ia membela Phoenix suns, pada musim ketiga ia direkrut New Orleans Hornets, dan pada musim keempat ia bermain setengah tahun untuk Houston Rockets. Ia keluar NBA pada 2006 karena ditransfer ke Rusia.

3. Cezary Trybanski

Meski Cezary Trybanski belum pernah mencicipi Final NBA seperti Gortat ia patut berbangga. Karena ialah Pemain Polandia pertama dalam sejarah yang mampu masuk ke NBA. Namun ia hanya bermain selama dua setengah musim di NBA, paling sedikit diantara tiga pemain Polandia di NBA. Ia membela Memphis Grizzlies pada 2002-2003, Pindah ke Phoenix Suns selama 2003-2004 dan membela Knicks pada 2005.

Did U Know :

  • Semua pemain Polandia di NBA pernah membela Phoenix Suns
  • Semua pemain Polandia di NBA pernah memperkuat sedikitnya satu Tim dari Wilayah Barat dan sedikitnya

    satu tim dari wilayah Tim dari Wilayah Timur

No comments

Powered by Blogger.