Peta Kekuatan NBA : Northwest


   Northwes Divison dibentuk pada musim yang sama dengan Southeast Division. Divisi ini berisikan lima klub yang berdomisili di wilayah barat bagian utara yaitu Denver Nuggets, Minnesota Timberwolves, Portland Trail Blazers, Oklahoma City Thunder, dan Utah Jazz. Divisi ini belum pernah mengalami penambaha maupun pengurangan anggota dan juga belum pernah mengalami perubahan klub anggota. Hanya saja pada awal pembentukannya Oklahoma tidak termasuk kota home base karena saat itu Thunder bermarkas di Seattle dengan nama Seattle Super Sonics.
   Oklahoma City thunder merupakan klub yang paling sukses di divisi Northwest. Thundr sudah memenangi gelar divisi sebanya empat kali plus satu kali sebagai Super Sonics. bahkan sejak 2011 hingga musim ini (2014) Thunder selalu keluar sebagai juara divisi. Hal ini tidak aneh, pasalnya sejak musim 2008-2009 Thunder diperkuat bintang muda berbakat Kevin Durant. Tidak hanya sampai disitu,lama-kelamaan bintang-bintang lain bermunculan di Oklahoma seperti Russel Westbrook, Serge Ibaka, dan James Harden. Pada tahun 2012 Thunder berhasil menembus final NBA setelah menyingkirkan Memphis Grizzlies di final Wilayah barat.Namun Durant dkk harus bertekuk lutut setelah disingkirkan oleh Miami Heat.
   Klub tersukses kedua adalah Denver Nuggets. Nuggets sudah memenangi tiga gelar juara divisi dengan catatan back to back pada 2009 dan 2010. Faktor utama terjadinya sejarah tersebut adalah keberadaan Carmelo Anthony sany merupakan tiang utama Nuggets saat itu. Prestasi terbaik Nuggets bersama Melo adalah ketika berhasil menginjakkan kaki di Final Wilayah barat pada 2009. Saat itu Melo yang dikombinasikan dengan Billups dipaksa kalah oleh Los Angeles Lakers. Semenjak perginya Melo ke New York, performa nuggets berangsur-angsur menurun. Nuggets berada di situasi yang tak menentu dan kehilangan kendali atas divisinya karena tak mampu bersaing dengan Thunder.
   Tak hanya Nuggets Utah Jazz juga mampu melakukan back to back juara divisi. Ini terjadi pada 2007 dan 2008. Sayang Jazz juga mengalami hal serupa dengan Nuggets. Mereka kalah dari San Antonio Spurs di Final wilayah pada 2007 dan tersingir di ronde kedua pada musim berikutnya.JAzz yang diperkuat Raja Bell dan Carlos Arroyo gagal menyamai prestasi terbaik mereka pada 1997 yaitu mencapai NBA Final. Jazz yang kala itu memiliki hall of famer John Stockton dan Karl Malone gagal membawa pulang trofi karena dikalahkan Bulls 4-2.
   Sementara itu Klub asal Portland yakni Trail Blazers saat ini sedang dalam kondisi segar. Trail Blazers menemani Thunder menjadi klub ganas asal Northwest. Saat ini Blazers memiliki bintang-bintang sekelas LaMarcus Aldridge, Nicholas Batum, dan Damian Lillard. Sebelumnya Blazzers hanya mengandalkan Brandon Roy sebagai pemain kunci. Namun karir Roy harus berakhir menyedihkan karena ia memutuskan untuk pensiun dini pada 2011 lantaran cidera yang ia derita.
   Minnesota Timberwolves mulai menemukan kembali jati dirinya. Klub berlogo Serigala ini sempat memiliki kans yang lumayan untuk pamer kekuatan karena pernah dibela salah satu legenda hidup NBA Kevin Garnett. Hanya saja kepergian Garnett pada 2007 meninggalkan luka mendalam karena Wolves harus terseok-seok di kompetisi. Namun kini para pendukung Wolves tak perlu khawatir, klub kesayangan mereka punya Forward hebat Kevin Love. Aset paling berharga Wolves saat ini. Yang perlu dilakukan Wolves adalah mempertahankan bintang mereka saat ini, mendatangkan pemain baru, dan membangun ulang dinasti mereka.

No comments

Powered by Blogger.