Shooting Guard

   Shooting Guard (SG) atau disebut juga off-guard dan two-guard adalah salah satu posisi dalam permainan bola basket. Posisi ini biasanya diisi oleh seorang penembak terbaik dari sebuah tim. Shooting Guard diharapkan memiliki kemampuan yang baik karena bertugas menggantikan Point Guard dalam menyerang ring lawan. Umumnya, shooting guard merupakan penembak yang baik dari garis perimeter (daerah sekitar batas garis tiga angka).
   Pemain yang ditugaskan dalam posisi shooting guard biasanya berpostur lebih tinggi daripada point guard, namun lebih pendek daripada pemain forward dan center. Tinggi seorang shooting guard, umumnya berkisar antara 1.91 meter hingga 2.01 meter. Beberapa tim menjadikan shooting guard berperan sekaligus sebagai pembawa bola sehingga pemain dalam posisi ini disebut sebagai combo guard. Seorang shooting guard harus mampu menembak dari berbagai posisi di dalam lapangan dan memiliki gerakan yang kreatif sehingga sulit dijaga dalam pertandingan.
   Beberapa contoh pemain yang berposisi sebagai Shooting Guard yaitu : Michael Jordan, Kobe Bryant, Dwyane Wade, dan Allen Iverson.
sumber : Wikipedia

No comments

Powered by Blogger.