Biografi Andray Blatche


   Andray Maurice Blatche lahir di New York, Amerika Serikat pada 22 Agustus 1986. Ia merupakan berkah bagi pecinta Bola Basket di Filipina karena pemain berkebangsaan Amerika-Filipina ini memilih untuk menaturalisasi dirinya sebagai warga negara Filipina sekaligus bergabung dengan Tim Nasional Filipina dalam karir internasionalnya. Saat ini Blatche bermain untuk Brooklyn Nets.
   Blatche memutuskan bergabung dengan NBA pada draft tahun 2005. Sebelumnya ia merupakan pemain di Henninger High School dan South Kent School. ia dipilih pada pick ke 49 oleh Washington Wizards.
   Andray Blatche yang berposisi sebagai Power Forward/Center ini menghabiskan tujuh tahun tahun bersama Washington Wizards. Ia sempat terserret kasus bersama rekannya di Wizards Gilbert Arenas. Poin tertinggi dalam karirnya di NBA adalah 36 poin saat ia mengantarakan Wizards mengalahkan rivalnya New Jersey Nets 89-85 pada Februari 2010. Uniknya pada musim 2012-2013 Blatche justru hijrah ke Nets yang saat itu sudah pindah ke Brooklyn. Setelah resmi menandatangi kontrak bersama Nets Blatche mengumumkan keputusannya untuk mengenakan nomor punggung 0. "Nol mengingatkanku pada orang-orang yang meremehkanku" ungkapnya.
   Pada Januari 2014 Blatche menerima tawaran dari Gilas Pilipinas (Asosiasi Bola Basket Filipina) untuk bergabung dengan Timnas sebagai pemain naturalisasi. Pada bulan Mei Senat Filipina memproses status Blatche sebagai warga negara Filipina. Dan pada juni ia resmi menjadi warga negara Filipina. Ia langsung masuk ke dalam skuad Piala Dunia 2014 dengan statistik 21.2 ppg, 13.8 rpg dan 1.6 steal per game. Blatche juga mempersembahkan kemenangan pertama Filipina dalam Piala Dunia setelah empat puluh tahun pada laga dengan overtime melawan Senegal. (HZ)

No comments

Powered by Blogger.