Biografi Klay Thompson

   Klay Alexander Thompson lahir pada 8 Februari 1990. Ia adalah pemain bola basket profesional Amerika Serikat yang saat ini bermain untuk Golden State Warriors. Saat kuliah ia bermain selama tiga musim untuk Washington State University sebelum akhirnya di draft oleh Warriors pada pick ke 11 dari Overall pick NBA Draft 2011.
   Thompson mulai memutuskan untuk bergabung dengan NBA pada tahun 2011. Ia terpilih pada urutan pick ke 11 secara overall oleh Golden State Warriors pada NBA Draft di tahun itu. Thompson memang tidak terpilih untuk bermain pada NBA All-Star Weekend Rising Star Challange 2012. Namun dalam empat pertandingan setelah keputusan NBA itu, Thompson justru berhasil menaikkan statistik rata-ratanya menjadi 12.5 ppg, 54.3% Shoot percentage, 2.8 rpg, serta 1.5 apg. Akhirnya di penghujung musim ia masuk ke dalam All-NBA Rookie First team.
   Pada musim keduanya ia berhasih menciptakan higest career points yaitu 32 poin saat meghadapi Cleveland Cavaliers pada 29 Januari 2013. Mark Jackson selaku pelatih Warriors bahkan mengeluarkan pujian yang menyatakan bahwa Thompson dan Stephen Curry adalah duo shooter paling jitu sepanjang sejarah NBA. Pernyataan tersebut bukan mengada-ada pasalnya keduanya memang terbukti ahli menembak, keduanya berhasil mengumpulkan 483 tembakan tiga angka, terbanyak dalam sejarah NBA bagi sepasang pemain. Pada bulan Mei 2013 ia memecahkan rekor poin tertingginya, kali ini dua pin lebih banyak dari catatan sebelumnya. Ia membukukannya ketika berhadapan dengan San Antonio Spurs.
   Pada musim berikutnya rekornya pecah lagi karena ia berhasil mencetak 38 poin dalam sebuah laga di awal musim.
 
Karir Internasionalnya belum begitu menonjol, namun saat ini ia tengah memperkuat Tim Amerika Serikat dalam kejuaraan dunia FIBA. (HZ)

No comments

Powered by Blogger.