Preview Final FIBA World Cup 2014


   Dua negara terbaik sepanjang sejarah akan saling bertemu di babak final FIBA World Cup 2014. Amerika Serikat hingga kini masih memegang status unbeaten dalam turnamen antarnegara yang diselenggarakan di Spanyol ini. Sejarah yang mereka punya pun amat bagus. Sementara lawan yang akan mereka hadapi adalah Serbia yang berhasil melangkahi Perancis. Serbia termasuk negara dengan sejarah terbaik ?
   Secara fakta Serbia sebagai Serbia sendiri memang belum memiliki gelar apa-apa di level internasional. Namun dalam catatan sejarah Serbia dulu merupakan bagian dari Yugoslavia. Dan perlu anda ketahui bahwa pengoleksi piala dunia terbanyak bukanlah Amerika Serikat yang punya liga basket paling eksis, melainkan Yugoslavia.
   Sejak pertama kali diselenggarakan pada 1950 Yugoslavia sudah memenangi Piala Dunia sebanyak 5 Kali, dua diantaranya sebagai Yugoslavia (Serbia/Montenegro). Sementara Amerika Serikat memenangi kompetisi satu kali lebih sedikit dari Yugoslavia. Ini artinya bila mampu mengalakan Serbia pada babak final nanti maka Tim USA akan menyamai perolehan medali emas Yugoslavia.
   Terlepas dari sejarah yang ada memang mau tidak mau kita harus mengakui kalau peluang Amerika Serikat untuk membawa pulang emas dalam turnamen tahun ini jauh lebih besar dibanding Serbia. secara komposisi pemain ketimpangan antara keduanya memang amat besar. Amerika juga masih terlalu perkasa bagi tim-tim lain, buktinya mereka belum terkalahkan sekalipun. Sementara Serbia sudah tiga kali menelan pil pahit meski dua diantaranya sudah terbalaskan di fase yang lebih tinggi.
   Langkah Amerika Serikat di fase knockout boleh dibilang cukup mudah. Kyrie Irving dkk mampu menyingkirkan Meksiko, Slovenia, serta Lithuania dengan keunggulan lebih dari 20 angka. Sementara Serbia mencapai final dengan kebanggan atas dendam mereka yang terbalaskan ketika membungkam Brazil dan Perancis.
   Hampir semua media internasional mantap memprediksi Amerika Serikat bakal memenangi emas kelima mereka. Namun meski demikian harapan bagi Serbia tetap masih ada. Apa lagi mereka lebih familier dengan kondisi di Spanyol karena sama-sama termasuk di benua Eropa. Mungkinkah? Selama pertandingan dimulai dengan skor 0-0 maka peluang untuk menang masih sama. (HZ)

No comments

Powered by Blogger.