Semifinal FIBA World Cup 2014

   Piala Dunia mulai memasuki fase semifinal, fase dimana empat tim terkuat harus saling  bentrok untuk mengadu nasib. Tercatat hanya ada satu regu non-eropa di babak empat besar ini, tak perlu ditanyakan lagi tentu saja siapa lagi kalau bukan Amerika Serikat. Stephen Curry dkk akan ditantang raksasa eropa Lithuania dalam fase ini. Sementara di sisi lain Perancis akan bentrok dengan Serbia. Sebelum membahas peluang masing-masing tim mari kita mereview terlebih dahulu babak perempat final yang baru saja berlalu.
   Hingga detik ini Amerika Serikat memang masih menjadi unggulan utama di kejuaraan antarnegara ini. wajar saja bila mereka mampu menghajar Slovenia di babak perempat final kemarin. Ketangguhan dream team akan kembali di uji kala mereka bertemu Lithuania di babak semifinal, lawan yang sama ketika mereka bermain di semifinal olimpiade dua tahun lalu. Lithuania sendiri bermain cukup baik ketika berhadapan dengan Turki di babak delapan besar. Dan sesuai banyak prediksi mereka dapat mengalahkan Turki.
   Kejutan terjadi ketika Serbia bertemu dengan Brazil dalam perempat final. Serbia yang berada satu strip dibawah Brazil dalam ranking dunia FIBA secara tak terduga mampu melibas Andrea Varejao cs dengan skor cukup telak 84-56. Namun masalah yang lebih berbobot timbul karena Serbia dipaksa berhadapan dengan Perancis di babak semifinal nanti. Perancis benar-benar membuat pendukung tim tuan rumah yang memadati stadion kecewa. Kekalahan telak pada kuarter keempat membuat Spanyol harus bertekuk lutut di hadapan tetangganya sendiri.

   Diatas kertas Amerika unggul dalam segala hal atas Lithuania. Apa lagi dalam pertandingan semifinal olimpiade 2012 di London Lithuania sudah merasakan pahitnya bertemu dengan Amerika Serikat. Sehingga tak ada alasan apapun untuk tidak mengunggulkan Amerika Serikat untuk memenangi pertandingan semifinal nanti. Laga yang menarik untuk dibahas adalah laga antara dua raksasa lainnya yakni Perancis dan Serbia. Meski Perancis unggul dalam beberapa hal namun Serbia bukanlah tim yang mudah ditaklukan. Adanya motivasi tambahan setelah mereka berhasil membantai Brazil patut diwaspadai Perancis. Namun sepertinya memang sulit untuk mengatakan Serbia bisa lolos dari Perancis yang sudah menaklukan unggulan kedua sekaligus tuan rumah Spanyol.

No comments

Powered by Blogger.