Sistem Free Throw akan segera dihapus ?


   Sebuah kabar mengejutkan terdengar di jagat bola basket. Banyak media menyorot artikel mengejutkan ESPN yang ditulis oleh Kevin Arnovitz. Jika selama ini seorang pemain yang dilanggar akan mendapatkan dua tembakan bebas bernilai satu angka maka Arnovitz mengusulkan agar  sistem tersebut diubah. Tiap pemain yang dilanggar akan mendapat satu tembakan bernilai dua poin.
   Usulan tersebut bukan tanpa alasan. Sebab paling utama Arnovitz mengusulkan sistem tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah karena sistem freethrow yang selam ini kita kenal telah memakan banyak waktu.  Menurut perhitungan kasar, sistem yang baru ini akan mengurangi sekitar lima menit waktu run off pertandingan NBA (47 freethrow menjadi sekitar 26).
   Memang sebenarnya sistem yang lama kurang efektif. Dalam bola basket umumnya hanya dua menit terakhirlah yang akan menentukan siapa pemenang pertandingan. Dua menit terakhir dalam pertandingan bola basket akan berlangsung lebih dari 120 detik. Ini karena kebanyakan tim yang sedang tertinggal akan melakukan sebuah pelanggaran yang disengaja sehingga lawan mendapat tembakan bebas dan berharap tembakan tersebut tidak masuk sehingga dapat balik menyerang untuk memotong selisih poin. Banyaknya tembakan bebas di akhir pertandingan membuat pertandingan menjadi membosankan.
   Yang pasti ide dan gagasan visioner dari Kevin Arnovitz ini bakal mendapat reaksi pro dan kontra dari kalangan penggemar bola basket. (HZ)

No comments

Powered by Blogger.