Istilah : Alley-oop

Prosses terjadinya Alley-oop yang diperagakan oleh Tyre Burke dan Glenn Robinson

   Alley oop adalah situasi dimana sebuah tim yang sedang menyerang melakukan operan bola namun tidak diarahkan langsung ke rekan tujuan melainkan melambungkan bola ke atas di dekat ring kemudian rekan satu timnya menangkap bola yang sedang melambung lalu memasukkannya ke dalam jaring tanpa ia menyentuh lantai terlebih dahulu. Itulah sekilas pengertian Alley oop menurut wikipedia. 
   Untuk melakukan alley-oop ada empat elemen yang harus dikuasai, yaitu Teamwork, Passing, Timing, dan Finishing. Namun, meskipun sudah menguasai keempat elemen tersebut buka berarti bisa melakukan alley oop dengan mudah, ada faktor lain yang mempengaruhi seperti situasi, stamina, keberuntungan, dan lain-lain.

Sejarah Alley-oop

   Pada tahun 50-an beberapa pemain memanfaatkan kemampuannya dalam menangkap bola di udara lalu melakukan dunk secara langsung. Bill Russel dari University of San Francisco, Wilt Chamberlain dari Kansas University, dan Johnny Green dari Michigan State University sering mengambil tembakan melenceng dari rekan satu timnya lalu melakukan dunk.
   Al Tucker dan saudaranya Gerald dari Oklahoma Babtist University disebut-sebut sebagai yang pertama melakukan alley-oop di pertengahan 60-an. Saat Bill Walton membuat rekor 44 poin dengan 21 tembakan masuk dari total 22 tembakan enam diantaranya dibuat dengan alley-oop.
    Beberapa informasi lain menyebutkan bahwa David Thompson adalah pemain yang pertama kali melakukan Alley-oop ketika ia bermain untuk North Carolina State, dengan Monte Towe dan Tim Stoddard yang melakukan lob pass. Thompson memperkenalkan permainan seperti itu pada awal 70-an. Karena saat itu dunk adalah ilegal di kompetisi antar perguruan tinggi maka ia hanya menangkap operan rekannya lalu memasukkannya ke ring tanpa dunk.
   Pada 1976 NCAA melegalkan dunk, dan alley-oop pun menjadi populer setelah Earvin 'Magic' Johnson dan Greg Kelster melakukan beberapa alley-oop yang mempesona dalam 1979 National championsip run. North Carolina State memenangi 1983 National Championship dengan momen alley-oop yang amat terkenal ketika menghadapi University of Houston. Ketika waktu sudah hampir habis dan skor masih sama Derreck Whittenburg melakukan tembakan ke arah ring yang sebenarnya merupakan umpan untuk Lorenzo Charles. Lorenzo menangkap bola tersebut dan memasukkannya ke ring sehingga NCSU berhasil merebut title juara.
   Pada 90-an para bintang NBA mengubah alley-oop menjadi senjata serangan cepat. Dalam beberapa tahun terakhir banyak tim yang melakukan alley-oop yang telah direncanakan sebelumnya dalam sebuah pertandingan.



Asal-usul kata Alley-Oop
   Kata alley-oop sebenarnya berasal dari bahasa Prancis yakni "Allez Hop", kata ini diteriakkan oleh seorang pemain sirkus ketika ia hendak melompat. Kata Alley-oop pertama kali digunakan pada periode 50-an oleh San Francisco 49Ers untuk mengistilahkan sebuah momen yang saat itu belum memiliki istilah khusus dalam olahraga rugbi. Namun pada perkembangannya kata ini akhirnya justru lebih dikenal dalam olahraga bola basket.

No comments

Powered by Blogger.