Klub NBA yang Mengangkat Hewan Sebagai Ikon

   Hewan sering digunakan sebagai simbol untuk menunjukkan identitas suatu kelompok tertentu. Dan di NBA hal ini lumrah melihat tidak sedikit klub NBA yang menggunakan hewan-hewan tertentu sebagai identitas klubnya. Cara yang paling populer adalah dengan memasukkannya ke dalam logo dari klub tersebut. Namun ada juga yang tak tanggung-tanggung dengan menggunakan nama hewan tersebut sebagai nama klub. Berikut daftar Klub NBA yang mengangkat hewan sebagai ikon.

ATLANTA HAWKS - BURUNG ELANG

   Atlanta Hawk termasuk klub yang menggunakan hewan tidak hanya sebagai logo, tetapi juga memasukkan nama "Hawks" ke dalam nama klub. Sesuai dengan namanya klub ini menggunakan burung elang sebagai identitas klub. Namun sebenarnya Hawks baru memasukkan sosok burung elang kedalam logonya sejak 1951.

CHARLOTTE HORNETS - LEBAH

   Dari namanya hewan yang diangkat sebagai identitas bagi klub yang satu ini juga sudah bisa ditebak. Ya, hewan tersebut adalah lebah. Hornets yang kita kenal sekarang sebenarnya bukanlah Charlotte Hornets yang sebenarnya. Hornets yang eksis sekarang adalah transformasi dari Charlotte Bobcats yang menggunakan kucing sebagai identitasnya. Sementara Charlotte Hornets yang eksis pada 1988-2002 sudah pindah ke New Orleans dan berubah namanya menjadi New Orleans Hornets dan kemudian bertransformasi menjadi New Orleans Pelicans pada 2013.

CHICAGO BULLS - BANTENG

   Klub yang membesarkan nama Michael Jordan ini menggunakan banteng sebagai identitasnya. Baik sebagai nama klub maupun sebagai logo dari klub. Chicago Bulls menggunakan ikon berupa banteng berwana merah. Uniknya klub ini menjadi satu-satunya klub NBA yang masih mempertahankan logo awalnya hingga sekarang.

DALLAS MAVERICKS - KUDA

   Kuda putih menjadi bagian dari logo Dallas Mavericks sejak 2001. Sebelumnya klub ini hanya menggunakan ikon berupa huruf M yang memakai topi koboi.

MEMPHIS GRIZZLIES - BERUANG GRIZZLY

   Memphis Grizzlies sudah menggunakan beruang grizzly sebagai identitasnya ketika masih bernama Vancouver Grizzlies. Dulu logo Grizzlies nampak garang dan menakutkan karena Sang Beruang digambarkan sedang mencengkram bola seolah sedang mengamuk. Namun sejak pindah ke Memphis logonya berubah menjadi lebih sederhana dan modern namun tetap menampilkan kegarangan dari beruang sendiri. 

MINNESOTA TIMBERWOLVES - SERIGALA

   Minnesotta Timberwolves menggunakan sosok serigala yang terlihat garang namun tetap elegan karena minimalis. Tekhnik penggambaran serigala dalam logo mereka sama dengan tekhnik yang digunakan Memphis Grizzlies. Hanya saja mulut serigala dibuat seolah-olah ingin mencabik sesuatu. Sebelumnya pada era 1989-1996 Timberwolves menggunakan logo yang berbeda dimana sosok serigala justru terkihat seperti anjing yang jinak.

MILWAUKEE BUCKS - RUSA JANTAN


   Milwaukee Bucks menggunakan rusa jantan sebagai logonya sejak 1968. Saat itu rusa ditampilkan layaknya manusia yang sedang membawa bola basket sambil tersenyum. Namun sejak 1996 Bucks menggunakan logo yang lebih modern, elegan, dan simetris. Terjadi perubahan warna dari hijau-ungu menjadi hijau-merah pada 2006 dan logo itu masih bertahan hingga sekarang.

NEW ORLEANS PELICANS - BURUNG PELIKAN

   Pada 2013 New Orleans Hornets melakukan rebranding, mereka mengubah banyak aspek yang berharga termasuk nama dan logo. Pelicans menjadi nama baru pengganti Hornets, terinspirasi dari burung pelikan yang menjadi lambang simbolis untuk restorasi kota Louisiana yang mengalami bencana tumpahan minyak akibat badai Katrina pada 2010.

TORONTO RAPTORS - TYRANOSAURUS REX

   Satu-satunya klub asal kanada ini identik dengan hewan purba yakni dinosaurus. Lebih tepatnya lagi adalah Tyranosaurus Rex, atau yang biasa disebut T-Rex. Pada logo Raptors seekor T-Rex yang mengenakan Jersey bertuliskan "R" nampak sedang mendribble bola. Logo ini sudah digunakan sejak 1995 dan mengalami perubahan warna pada 2008

   Itulah klub-klub NBA yang mengangkat hewan sebagai identitas klubnya. Dari 30 klub sembilan diantarannya termasuk dalam daftar ini. Siapakah klub yang selanjutnya ?

No comments

Powered by Blogger.