Pemain keturunan India Pertama di NBA


   India boleh berbangga karena akhirnya ada salah satu pemuda keturunan mereka yang mampu menembus liga bola basket paling gemerlap di dunia yaitu NBA. Sim Bhullar nama pemuda tersebut, ia sedang menjalani kontrak 10 hari dengan Tim Utama Sacramento Kings. Ia adalah anak dari imigran asal India, namun ia lahir di Toronto, Kanada. Postur tubuhnya besar bagaikan raksasa, tingginya 2,27 meter.
   Ia resmi menjadi pemain keturunan India pertama yang berlaga di NBA setelah pada tanggal 7 April yang lalu ia diturunkan dalam laga menghadapi Minnesota Timberwolves. Meskipun hanya merasakan atmosfir pertandingan selama 16,1 detik momen ini menjadi bagian penting dalam sejarah bola basket Asia khususnya India. Apalagi di laga debutnya tersebut timnya berhasil menang116-111.
   Pada laga berikutnnya menghadapi Utah Jazz, ia kembali diturunkan. Kali ini ia diberi kesempatan lebih. Sim Bhullar turun selama kurang lebih satu menit 22 detik. Setelah sebelumnya menorehkan rekor sebagai pemain keturunan India pertama yang bermain di NBA pada laga melawan Jazz ini ia lagi-lagi menorehkan rekor baru. Ia juga berhasil menjadi pemain Keturunan India pertama yang mencetak poin di NBA.
   Kemampuannya di dalam permainan bola basket memang sudah cukup terasah sebelumnya. Bersama tim basket New Mexico State University ia beberapa kali menjadi MVP dalam kompetisi antar universitas. Ia kemudian bergabung dengan Kings tahun lalu, namun baru pada tanggal 2 April lalu ia dikontrak oleh tim utama, dengan durasi 10 hari.

No comments

Powered by Blogger.