TIPS MENINGKATKAN AKURASI SHOOTING

Shooting merupakan salah satu skill yang vital dibutuhkan oleh seorang pemain basket, tanpa memperdulikan posisi apa pemain tersebut bermain.

Hal ini beralasan karena di dalam permainan basket, poin akan dihitung berdasarkan seberapa banyak bola yang berhasil masuk ke dalam ring. 

Sebuah tim dinyatakan kalah apabila tim lawan berhasil mencapai poin lebih tinggi dari nya.

"Ya elah kalau itu kakek saya juga tau min"

Oke lanjut.

Untuk menjadi seorang pencetak poin yang baik, seorang pemain tidak harus berasal dari posisi tertentu, dalam hal ini, seorang Shooting Guard. Ya, memang tugas untuk mengeksekusi bola biasanya akan diserahkan kepada seorang Shooting Guard, namun bukan berarti posisi lain itu ga perlu fokus di shooting.

Ingat, ketika suatu tim memiliki pemain yang memiliki kemampuan shooting yang hampir merata , tim tersebut akan memiliki lebih banyak opsi untuk melakukan serangan. Bola bisa dipassing ke siapapun untuk dieksekusi. PEMBANTAIAN.

"Lalu, apa aja yang perlu dilakuin supaya bisa meningkatkan akurasi shooting min?"

Untuk meningkatkan akurasi shooting, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh seorang pemain. Berikut adalah TIPS MENINGKATKAN AKURASI SHOOTING yang bisa kalian terapkan untuk meningkatkan akurasi shooting kalian. Check it out!

1. LATIHAN




Image : pischype.com

Untuk menjadi seorang pemain yang jago kita harus rajin berlatih dan makan sosis.

Oke, bukan itu.

Untuk menjadi seorang yang ahli dalam suatu bidang, mau bidang apapun itu, seseorang wajib melakukan LATIHAN. Dengan latihan, kita akan terbiasa untuk melakukan sesuatu.

Ada satu hal yang perlu diingat, yaitu bahwa basket merupakan olahraga "habit" atau kebiasaan. Jadi, biasakan untuk melakukan hal-hal yang udah tertera dibawah selama latihan ya!

Ketika kita terbiasa untuk melakukannya, BERULANG-ULANG, ketika ditekan sekalipun , tangan kita udah terbiasa untuk tetap mampu melakukan tembakan. Ini yang dinamakan dengan muscle memory atau "memori otot".

Kalau yang biasanya suka males-malesan latihan, coba deh lebih rajin latihannya. Ganti mindset mu. Untuk jadi jago itu butuh perjuangan. Jago hanya akan didapetin oleh pemain yang mau fight dan bekerja keras.

"Jangan mengharapkan sesuatu yang ga pernah lo lakuin"

2. KESEIMBANGAN

Keseimbangan merupakan hal yang paling dasar yang harus dilakukan seorang pemain sebelum ia melakukan shooting. 

Ketika seorang pemain tidak mampu menjaga keseimbangannya ketika hendak melakukan shooting, bola akan menyamping dari ring, short atau bahkan airball. Persentase shooting menurun. DOWN.

"Emang penting banget ya min balance itu?"

Bukan hanya penting, tapi WAJIB. Ketika pemain mampu menjaga keseimbangan untuk shooting, ia akan lebih nyaman untuk melakukan tembakan, dan persentase akan meningkat.

"Oke min. Mau tau dong gimana sih balance yang bener itu?"

Balance yang biasanya umum diajarkan oleh Coach adalah kaki dibuka sejajar dengan lebar bahu serta kaki dan badan menghadap ke ring


Tentu, teknik ini hanya merupakan "basic" atau dasar saja, karena yang terjadi di lapangan adalah banyak pemain yang ketika hendak melakukan tembakan, kakinya malah "menyamping" dari ring.

Banyak shooter NBA yang melakukan hal terserbut. Termasuk mimin sendiri hehehe, ya karena lebih nyaman aja sih buat nembak, karena tangan menjadi sejajar dengan ring (lihat foto Curry)

"Menyamping seperti apa sih min?"


Perhatikan foto diatas. Apakah kaki Curry menghadap ke ring? Tentu jawabannya tidak. 

Artinya, menyamping atau menghadap ke ring tentu tidak perlu menjadi perdebatan. Yang perlu dilakukan adalah tetap menjaga balance sebelum melakukan tembakan seperti yang terdapat pada foto diatas. 

Dan jangan melakukan shooting seperti foto dibawah hehehe


3. MATA

Untuk meningkatkan akurasi shooting, sebelum melakukan shooting ,pemain sudah harus melihat "target" yaitu ring, lebih awal. 

Ingat, lebih awal. Hal ini dikarenakan kita sudah harus memperkirakan seberapa jauh jarak shooting dari ring serta dimana ring itu berada.


Apa yang ditarget? Coba target ring bagian dalam sebelum lo lakuin tembakan, karena bola akan menuju ke area target. Kalau dari awal aja udah ga melakukan targetting ke ring, ya bola pasti ga menuju ke ring. Jadi, biasakan ya mata selalu fokus ke ring sebelum melakukan shooting, itu bakalan ngebantu banget buat naikin akurasi shooting mu. TRY!

"FOKUS KE TARGET"


4. HOT ZONE

Untuk menjadi seorang pemain yang memiliki akurasi tembakan yang baik, tentunya bukan hanya sekedar latihan. Ia juga harus tau, dimana spot atau zone yang merupakan kelebihannya di lapangan. 

Di perimeter? Corner? Paint Area? 



Dimanapun itu, hanya lo yang tau dimana kelebihan lo. Gunakan kelebihan lo untuk mengeksploitasi tim lawan dengan shooting shooting akuratmu. 


"Ini hot zone saya, saya harus bisa mencetak poin dari sini"


Seorang pemain yang sering melakukan latihan shooting, biasanya akan mengerti dan mengetahui dimana spot yang merupakan hot zone nya. Pokoknya nembak dari sana, paling nyaman, paling akurat, paling apapun deh itu. 

Cara mudah mengenali dimana hot zone seorang pemain adalah ketika sedang latihan dan dapetin bola di spot tertentu, pede meter pemain itu bakalan meningkat karena terasa lebih "mudah" mencetak poin dari sana.

Setelah mengetahui hot zone mu, perbanyak lakukan shootingmu disana, karena disanalah akurasi tembakan mu sangat tinggi.

5. PERCAYA DIRI (BUKAN OVER CONFIDENCE)



Untuk dapat melakukan shooting yang akurat, seorang pemain harus memiliki rasa percaya diri setiap kali ia hendak melakukan tembakan. Percayalah, dengan adanya rasa percaya diri tersebut, kamu akan menembak lebih nyaman dan lebih fokus. 


Tapi ingat, bukan over confidence yang berbuntut ke banyaknya bola yang miss. Over confidence hanya akan buat lo ngelakuin tembakan yang sia-sia, dan tentu akan berdampak ke tim, apalagi tertinggal jauh. Makin down.

"Bagaimana mendapatkan rasa percaya diri itu?"

Kembali lagi ke poin pertama, LATIHAN.

Kepercayaan diri akan lo dapetin ketika lo sering latihan. Coba sering latihan bareng rekan setim mu, minta dia bantu rebound bola, defense ketika kamu hendak melakukan shooting hingga untuk membuatnya lebih menarik, kalian bisa melakukan adu tanding shooting. 

Coba ketika latihan, lo buat kondisi seolah-olah itu adalah pertandingan. Bayangkan ada lawan lo di kiri dan kanan yang siap menghadang dan lo tetap pede untuk ngelakuin tembakan. CROT.

Demikian tips untuk meningkatkan akurasi shooting. Perbanyak latihan shooting sehingga akurasi shooting mu akan meningkat seiring berjalannya waktu. Goodluck!









No comments

Powered by Blogger.