Istilah : Ball Fake dan Pump Fake

Luol Deng terkecoh oleh Pump Fake dari Dwayne Wade

 Baru-baru ini NBA Merilis sebuah video yang membahas mengenai istilah Ball Fake. Video berdurasi satu menit ini berisi mengenai penjelasan istilah ball fake yang disampaikan secara langsung oleh sang maestro ball fake Dwayne Wade. Dalam video tersebut juga ditampilkan beberapa aksi ball fakes spektakuler pemain Chicago Bulls ini.
  

 Berdasarkan penjelasan dari Wade Ball Fake merupakan suatu gerakan secara tiba-tiba yang dilakukan oleh seorang pemain yang sedang membawa bola yang bertujuan untuk mengecoh pemain bertahan sehingga bergerak mengikuti arah si pembawa bola sehingga terdapat ruang yang memungkinkan bagi pembawa bola untuk melakukan operan atau bergerak ke arah lain. Gerakan ini benar-benar efektif dalam sebuah penyerangan apabila dilakukan dengan benar.
 Sebenarnya ada istilah lain yang lebih spesifik yakni Pump Fake yang juga lebih populer karena lebih sering digunakan oleh media. Pump fake ialah sebuah gerakan tipuan dengan berpura-pura hendak melakukan tembakan yang bertujuan agar pemain bertahan melakukan lompatan (bahasa gaulnya "Lifting the Defender") untuk membatasi ruang gerak atau untuk melakukan block. Hal ini membuat si pembawa bola dapat melewati pemain bertahan dengan mudah. Michael Jordan, Kobe Bryant, dan Dwayne Wade merupakan pemain yang dicap sebagai master Pump Fake.
 Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung mengamati bagaimana Wade melakukan gerakan Ball Fake dan membuat pemain lawan terkecoh pada video diatas. (HZ)

No comments

Powered by Blogger.