Istilah : Buzzer Beater

LeBron James setelah berhasil menceploskan tembakan Buzzer Beater

 Buzzer beater merupakan salah satu istilah yang sering kita dengar dalam permainan bola basket. Namun, tahukah anda apa itu buzzer beater ? Istilah ini merujuk pada momen dimana suatu tembakan berhasil diceploskan ke dalam ring di detik-detik akhir permainan. Tetapi bukan hanya itu saja, ada penjelasan yang lebih rinci mengenai istilah buzzer beater.
 Buzzer beater merupakan tembakan yang dilakukan ketika waktu dalam suatu kuarter masih tersisa namun bola baru masuk setelah waktu habis dan terdengar suara buzzer. Artinya waktu habis lebih dulu ketika bola masih melayang di udara. Ada yang menganggap buzzer beater hanya berlaku untuk tembakan seperti yang dijelaskan diatas di detik-detik akhir kuarter namun ada juga yang menganggap tembakan serupa di detik-detik akhir shot clock (batas possession 24 detik) juga termasuk buzzer beater (kerena saat shot clock habis juga terdengar suara buzzer).


 Ada banyak buzzer beater bersejarah di NBA. Salah satunya Ialah tembakan buzzer beater dari LeBron James pada Final Wilayah Timur NBA 2009 antara tuan rumah Cleveland Cavaliers dan tamunya Orlando Magic. Cavaliers berada dibawah tekanan karena tertinggal 2 poin dari Magic dengan hanya 1 detik tersisa. Situasinya saat itu bola mati dikuasai oleh Cavs. Mo Williams yang mengambil lemparan ke dalam melakukan passing ke LeBron yang dengan cerdik mampu lolos dari penjagaan Hedo Turkoglu. Langsung saja LeBron melakukan tembakan dari luar garis tiga angka yang disambut oleh gemuruh di Quicken Loans Arena. Cavaliers memenangi pertandingan 95-96 sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1.
 Hal menarik lainnya tentang buzzer beater yakni dalam pertandingan resmi NCAA, NBA, WNBA, dll apabila terjadi sebuah tembakan buzzer beater yang mana jarak antara pelepasan tembakan oleh pemain dan suara buzzer yang nyaris bersamaan maka wasit perlu menyaksikan instant replay / tayangan ulang sebelum mengeluarkan keputusan terkait sah tidaknya tempbakan tersebut.
Itulah penjelasan singkat mengenai istilah buzzer beater, semoga dapat bermanfaat. (HZ)

No comments

Powered by Blogger.