Peraturan Basket 3 on 3

Pertandingan Resmi 3X3


Permainan bola basket 3 on 3 atau yang biasa disingkat 3x3 awalnya merupakan olahraga jalanan (non formal) yang populer di daerah perkotaan. Seiring berjalannya waktu olahraga ini akhirnya menjadi sebuah cabang olahraga resmi yang saat ini berada di bawah naungan Federasi Bola Basket Internasional FIBA. Peraturan dalam permainan 3x3 juga sudah ditetapkan secara resmi oleh FIBA. Peraturan yang berlaku saat ini merupakan peraturan FIBA yang diresmikan pada Januari 2015.

Peraturan yang ditetapkan oleh FIBA tersebut berbeda dengan peraturan permainan bola basket biasa, yaitu :

  1. Masing-masing regu terdiri dari tiga orang pemain plus seorang pemain cadangan
  2. Area permainan berupa separuh lapangan bola basket normal dengan satu ring saja.
  3. Ukuran bola yang digunakan khusus dan tidak dibadakan berdasarkan gender pemain baik pria, wanita, atau campuran. Panjang keliling bola antara 727–734 mm (28.5–29.0 inch). Ukuran terseut setara dengan bola basket ukuran 6 untuk wanita dalam permainan bola basket biasa, namun beratnya setara dengan bola basket ukuran 7 untuk pria dalam permainan bola basket biasa.
  4. Permainan tidak diawali dengan jumpball. Sebelum permainan dimulai dilakukan adu koin. Pemenangnya boleh memilih apakah akan menyerang duluan saat permainan dimulai atau bertahan lebih dulu. Ketika memilih bertahan maka apabila pertandingan dilanjutkan ke babak overtime mereka akan menyerang lebih dulu.
  5. Kalau dalam permainan basket biasa ada kemungkinan jumpball dilakukan saat situasi tertentu dalam 3x3 ketika terjadi situasi serupa maka penguasaan bola akan berpindah ke regu yang bertahan.
  6. Tembakan masuk dari dalam Arc (garis tiga angka) bernilai 1. Dan tembakan masuk dari luar Arc bernilai 2.
  7. Permainan hanya berlansung selama satu babak saja yang panjangnya 10 menit. Regu yang berhasil mencetak 21 poin akan memenangi pertandingan meskipun masih ada waktu tersisa. Apabila waktu sudah habis namun belum ada regu yang mencapai 21 poin maka regu dengan poin terbanyak keluar sebagai pemenang. Dan apabila waktu habis sementara skor masih imbang maka tim yang berhasil mencetak 2 poin lebih dulu akan menjadi pemenang. Perlu diingat ketika overtime dilakukan ketika skor imbang 20-20 maka untuk menjadi pemenang tetap harus mencetak 2 poin bukan 1 poin.
  8. Permainan diawali dengan pemain bertahan mengoper bola ke pemain penyerang yang berdiri di luar garis tiga angka. begitu pula saat terjadi bola mati.
  9. Suatu regu hanya dapat menguasai bola semala 12 detik.
  10. Jika pemain bertahan berhasil merebut bola di dalam garis tiga angka baik melalui steal, block, atau rebound, Bola harus dibawa keluar garis tiga angka terlebih dahulu sebelum berbalik menyerang.
  11. Tiap kali terjadi poin pemain dari regu bertahan harus mengambil bola dan melakukan dribble atau passing ke luar garis tiga angka.
  12. Pergantian pemain hanya dapat dilakukan saat situasi bola mati.
  13. Masing-masing regu memiliki jatah satu kali timeout. Namun wasit tetap berhak menghentikan permainan ketika ada pemain yang cedera atau saat situasi berbahaya.
  14. Dalam permainan bola basket biasa Pelanggaran individu akan dihitung dan apabila mencapai batas yang ditentukan pemain dapat diusir dari permainan. Hal ini tidak berlaku dalam permainan 3x3. Namun pemain tetap dapat diusir apabila ia melakukan dua pelanggaran tidak sportif terhadap lawan.
  15. Pelanggaran terhadap pemain yang sedang melakukan tembakan dari dalam garis tiga angka akan membuahkan 1 kali tembakan bebas, dan pelanggaran terhadap pemain yang sedang melakukan tembakan diluar garis tiga angka menghasilkan 2 kali tembakan bebas. Namun pelanggaran ke 7, 8, dan 9 oleh sebuah regu akan diganjar 2 kali tembakan bebas, dan untuk pelanggaran ke 10 dst akan dihukum 2 tembakan bebas plus penguasaan bola bagi tim terlanggar.
  16. Pelanggaran teknis (termasuk pelanggaran tidak sportif) akan dihukum 2 tembakan bebas plus penguasaan bola bagi tim terlanggar.


Itulah penjelasan ringkas peraturan permainan bola basket 3 on 3 berdasarkan Aturan FIBA yang ditetapkan pada Januari 2015. Semoga bermanfaat dan selamat berolahraga.

No comments

Powered by Blogger.