Istilah : GOAT

Poster 'The GOAT'

Dalam dunia basket khususnya di forum-forum online kita sering mendengar istilah 'GOAT'. Biasanya julukan tersebut ditujukan pada pemain-pemain legendaris seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant maupun para superstar aktif masa kini seperti LeBron James dan Stephen Curry. Kalau kita terjemahkan kata 'GOAT' ke dalam Bahasa Indonesia maka artinya adalah kambing. KAMBING ?? Jadi apa hubungannya pemain basket legendaris dengan kambing ? Apa kambing adalah hewan yang spesial sehingga pantas untuk diabadikan ?

Oke sebenarnya yang dimaksud dengan 'GOAT' dalam basket itu bukan kambing. Istilah tersebut sebenarnya merupakan singkatan dari 'Greatest Of All Time' (G.O.A.T) yang artinya 'Yang terbaik sepanjang masa', Atau lebih sederhananya GOAT adalah istilah atau julukan yang ditujukan pada seorang pemain terhebat sepanjang masa. Jadi bukan kambing ya :) 

Barrack Obama lebih memilih Jordan ketimbang Kobe dan LeBron

Julukan ini sendiri bukan julukan yang dimiliki oleh satu orang pemain seperti misalnya julukan Black Mamba yang melekat pada  Kobe Bryant, King James yang hanya tertuju pada LeBron James, atau The Answer yang dimiliki oleh Allen Iverson. Istilah GOAT merupakan julukan yang bisa ditujukan bagi siapapun, tergantung siapa yang memberikan. Misalnya fans LA Lakers menyebut Kobe sebagai GOAT, sementara di Cleveland banyak orang menjuluki LeBron sebagai GOAT, dan begitu pula di fanbase lain. Namun pada umumnya kebanyakan orang setuju kalau Michael Jordan adalah sosok yang paling pantas untuk memegang titel GOAT ini. (HZ)

No comments

Powered by Blogger.