Lima Posisi Dalam Bola Basket

Dalam sebuah regu bola basket terdapat lima pemain yang bermain dalam lima posisi yang berbeda. Kelima pemain dalam posisi tersebut memiliki peran yang berbeda-beda, namun seorang pemain juga dapat memainkan peran ganda dengan mengisi lebih dari satu posisi. Intinya sama dengan kebanyakan olahraga lain posisi pemain dalam bola basket sangatlah fleksibel, pemain yang berposisi sebagai penyerang utama bisa saja dipaksa untuk menjadi benteng pertahanan bila situasinya menghendaki demikian.
Berikut lima posisi dasar dalam permainan bola basket.

Center
DeAndre Jordan, center dominan saat ini
Secara umum center merupakan pemain tertinggi dalam sebuah regu yang mengisi area di sekitar ring karena peran utama dari seorang center adalah menjadi rebounder. Pemain yang mengisi posisi ini harus dominan dan kuat secara fisik dan bertubuh atletis.
Tugas Center saat Menyerang (Offensive Task) : Center bertanggungjawab untuk membuka ruang bagi rekan-rekannya untuk melakukan passing dan shooting. Ia harus meminimalisir ruang gerak bagi pemain lawan, sehingga rekan-rekannya bisa menemukan celah untuk mendekati ring lawan. Tugas lainnya tentu saja melakukan rebound ketika tembakan dari rekan satu timnya gagal dikonversi menjadi angka. Dalam urusan mencetak angka seorang center harus memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan quick jump shots, hook shots, dan memanfaatkan papan pantul pada ring dalam melakukan tembakan.
Tugas Center saat bertahan (Defensive Task) : Dalam bertahan, tanggungjawab utama seorang center ialah mencegah pemain lawan untuk mencetak angka dengan melakukan block terhadap tembakan maupun passing pada area kunci. Pemain dalam posisi ini juga dituntut untuk mencetak lebih banyak rebound dari rekan-rekannya mengingat ia merupakan pemain tertinggi dalam regu.

Power forward
Blake Griffin, Power Forward yang juga dunker handal.
Power Forward biasanya merupakan pemain tertinggi kedua setelah center yang mana memiliki postur tubuh, kemampuan fisik, serta gaya bermain yang mirip dengan seorang center center hanya saja mampu bergerak lebih cepat. Pemain dalam posisi ini biasanya mengisi area di bawah ring atau bisa juga mengisi posisi sayap bahkan sudut lapangan. Seorang Power forward harus memiliki fisik yang kuat dan terbiasa beradu fisik serta efektif dalam melakukan rebound dan tembakan jarak dekat layaknya seorang center. Namun power forward dituntut untuk bisa melakukan tembakan deari jarak yang lebih jauh daripada seorang Center.

Small forward
LeBron James, Small Forward andalan Cavaliers.
Sama seperti namanya, small forward umumnya berukuran tubuh lebih kecil ketimbang power forward. Meski demikian, small forward harus memikiki tinggi badan yang cukup tinggi dan mampu bermain di area dalam, bermain layaknya center dan power forward, namun juga mampu bermain seperti seorang guard. Pemain dalam posisi ini biasanya merupakan pemain dengan kemampuan shooting jarak jauh tebaik kedua atau ketiga dari lima pemain dalam regu.

Shooting guard
Stephen Curry, Shooting Guard yang dominan dalam melakukan shooting

Hampir semua shooting guard merupakan pemain bertubuh mungil. Namun sebagai gantinya, ia harus mampu menggiring dan mengoper bola dengan cepat disertai kemampuan membaca lapangan yang baik. Ia juga bertanggungjawab dalam membangun sebuah pola serangan. Seorang shooting guard juga menjadi pemain yang paling banyak melakukan tembakan. Tentunya posisi ini harus diisi oleh pemain yeng memiliki akurasi tembakan yang sempurna terutama dari luar garis tiga angka.

Point guard
Russel Westbrook, point guard dengan moves yang brilian
Point guard merupakan posisi yang harus diisi oleh pemain dengan kemampuan penguasaan, dribble, dan passing yang baik mengingat pemain dalam posisi ini akan menjadi pemain yang paling banyak memegang bola. Ia yang bertanggungjawab membawa bola dari area pertahanan menuju ke daerah lawan di depan. Point guard mungkin merupakan pemain terpendek dalam sebuah tim. Posisi ini wajib diisi oleh pemain cerdas dan memiliki kemampuan membaca lapangan yang baik karena ia bertugas memimpin koordinasi serangan. Sama seperti shooting guard, seorang point guard harus mampu mencetak angka dari jarak jauh, meskipun terkadang hal ini tidak begitu sering dibebankan kepada shooting guards. Dalam strategi tertentu point guards diberi tugas yang sama dengan shooting guards.

Itulah kelima posisi dalam permainan bola basket yang dibahas khusus oleh NBA Reader. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat. (HZ)

No comments

Powered by Blogger.