Rebrand & Redesign Logo NBA Reader

Setelah hampir tiga tahun sejak logo pertama NBA Reader dirilis pada tahun 2014 kini kami memutuskan untuk mendesain ulang logo tersebut. Dan setelah melalui proses yang cukup panjang akhirnya dengan bangga kami mengumumkan dan meresmikan pergantian logo Blog yang hampir menginjak usia tujuh tahun ini. Logo baru NBA Reader mengedepankan unsur sederhana dan elegan sehingga terlihan lebih muda dan modern. Perubahan desain logo ini merupakan perubahan total dan menghasilkan perbedaan yang sangat jelas. Meski demikian ada beberapa unsur dari logo sebelumnya yang tetap dipertahankan pada logo baru ini.

Logo ini terdiri dari dua komponen utama yakni garis geometris dan lingkaran yang mengelilinginya. Garis geometris tersebut merupakan unsur inti dari logo baru NBA Reader yang juga mewakili identitas dari Blog yang membahas hal-hal seputar bola basket ini. Garis ini sebenarnya merupakan penyederhanaan dari penggabungan dua huruf 'N' dan 'R' yang diambil dari inisial "NBA Reader". Inisial ini ditampilkan secara sederhana dan minimalis sehingga terlihat lebih elegan jika dibandingkan dengan penulisan inisial pada logo sebelumnya. Perbedaan lainnya dalam penulisan inisial ini ialah konsistensi untuk menggunakan dua huruf kapital, karena pada logo sebelumnya hanya huruf 'R' saja yang ditulis dengan huruf kapital, sementara huruf 'n' tidak ditulis kapital. Jika pada logo sebelumnya terdapat bola basket yang menempel pada kaki huruf 'n' maka pada logo terbaru ini unsur tersebut dihilangkan. Lingkaran yang menjadi bentuk dasar dari logo baru ini sudah cukup mewakili unsur 'bola' basket tersebut.

Perbandingan logo lama dengan logo terbaru NBA Reader

Logo baru NBA Reader menggunakan kombinasi warna yang lebih sederhana namun tetap mempertahankan komposisi warna utama dari logo sebelumnya. Warna tersebut ialah warna Biru, Merah, dan Putih yang juga merupakan warna identitas dari logo NBA. Warya Oranye yang sebelumnya digunakan pada logo lama tidak muncul pada logo terbaru. Sebaliknya, warna hitam menjadi warna keempat yang ada di logo baru Blog ini. Gradasi warna tidak digunakan lagi dalam logo NBA Reader, ini merupakan salah satu langkah untuk memberikan kesan sederhana pada logo.

Jika logo sebelumnya hanya terdiri dari logogram saja maka logo baru ini merupakan perbaduan antara logogram dan logotype. Dalam logo baru NBA Reader ini terdapat teks "NBA READER" dengan huruf kapital dan dengan huruf "A" yang nampak seperti arah panah ke atas. Warna yang digunakan ialah warna hitam.




Penerapan logo baru NBA Reader pada media dua warna

Mengingat kepentingan penggunaan logo ini semakin beragam maka logo baru NBA Reader ini dirancang agar dapat diterapkan dalam berbagai jenis media. Misalnya media Full Color, media hitam-putih / grayscale , maupun media dua warna. Logo ini dapat diterapkan dengan warna alternatif yang dapat disesuaikan dengan warna dasar media sehingga dapat tetap terlihat dengan jelas meskipun diterapkan pada media yang berbeda. Selain warna alternatif juga terdapat variasi logo lainnya seperti misalnya penghapusan lingkaran luar atau bahkan tanpa lingkaran namun tetap mampu mewakili dan menyampaikan identitas Blog NBA Reader ini.

Selain logo, sebagian besar tampilan blog juga berubah. Warna utama biru yang sudah digunakan sejak 2014 berganti dengan putih-hitam. Perubahan ini diharapkan mampu menginspirasi pengelola, kontributor, serta pembaca untuk terus bersama-sama membangun blog ini sekaligus terus membawa NBA Reader ke dalam modernitas sehingga dapat terus kita nikmati bersama. (HZ)

Logo alternatif untuk diterapkan pada media tertentu



No comments

Powered by Blogger.