16 Slogan Playoff Klub NBA Tahun 2017

Klub-klub di NBA punya tradisi yang unik tiap kali mampu menembus babak playoff. Masing-masing tim akan mempersiapkan identitas khusus yang nantinya akan menjadi ciri khas klub dalam menghadapi playoff. Identitas tersebut misalnya konsep Blackout atau Whiteout? atribut berupa kaos atau handuk? warna kaos yang seragam atau dengan kombinasi warna ? dan yang tak ketinggalan ialah tagline alias slogan. Meskipun baik buruknya slogan tak akan berpengaruh pada performa tim namun pemilihan slogan tetaplah menjadi suatu tradisi yang sakral. Berikut ini rangking tagline/slogan yang dipilih ke-16 klub yang lolos playoff 2017.

Slogan Terburuk

16. Golden State Warriors - "Defend our Ground"

Menjadi salah satu klub dengan performa terbaik dalam tiga musim terakhir Golden State Warriors dengan mudah meraih tiket playoff 2017. Namun sayangnya slogan mereka tahun ini yakni "Defend Our Ground" menjadi bahan cemoohan penggemar klub lain terutama para pendukung Cavaliers. Slogan ini terdengar seperti jiplakan dari slogan Cavaliers tahun lalu yang juga dipakai kembali tahun ini "Defend The Land".

15. Oklahoma City Thunder - "OKC Thunder"


Oklahoma City Thunder sebenarnya memiliki sebuah slogan yang sangat keren yakni "Thunder Up". Namun entah mengapa pada babak playoff 2017 ini mereka memilih susunan kata sederhana "OKC Thunder" sebagai slogan mereka. Slogan ini tentu tidak memiliki makna yang dalam.

14. Los Angeles Clippers - "It Takes Everything"

L.A Clippers harus kehilangan tiga pemain bintangnya Chris Paul, Blake Griffin, dan DeAndre Jordan. Alhasil mereka harus keok di ronde pertama melawan Utah Jazz. Slogan "It Takes Everything"  tidak begitu menginspirasi dan justru kedengaran seperti mereka justru yakin kalau mereka bisa kehilangan segalanya.

Bersifat Regional

13. Washington Wizards - "DC Family"

DC Family - anda yakin? sebuah klub waralaba yang tak pernah benar-benar terhubung dengan komunitasnya dengan percaya diri mengklaim 'kita semua keluarga'. Klub dari cabang olahraga lain yang berdomisili di Washington seperti Washington Capitals (Hoki) dan Washington Nationals (bisbol) merupakan klub yang lebih dekat dengan warga ibukota dan lebih pantas menjadi bagian dari keluarga DC.

12. Toronto Raptors - "Northside"

Nampakya manajemen Raptors harus meninjau ulang gaya penulisan dalam penerapan slogan mereka pada kaos fans. Hal ini dikarenakan gambar sepatu dan slogan yang ada di kaos justru malah terlihat seperti logo Detroit Red Wings, apalagi kalau dilihat dari televisi.

11. Memphis Grizzlies - "Believe Memphis"

Meskipun sudah sering digunakan sebelumnya slogan ini boleh dibilang lumayan. Kelebihannya ialah Memphis selalu punya identitas, mereka tak terduga, selalu menjadi kuda hitam, dan slogan mereka mewakili semua itu. Namun pelatih David Fizdale membuat dua slogan yang terdengar lebih baik : "You won't rook Us" dan "Take that for Data". Kesimpulannya slogan mereka tahun ini bukanlah yang terbaik jika dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya seperti "Grit and Grind" dan "We Don't Bluff".

10. Boston Celtics - "It's Not Luck"

Boston Celtics merupakan sebuah klub dengan sejarah yang besar. Mereka punya banyak hal yang bisa dibanggakan. Musim ini mereka mampu meraih puncak klasemen wilayah timur musim reguler. Slogan playoff mereka merupakan wujud dari perayaan prestasi ini - "It's Not Luck". Hanya saja slogan dan ikon klub terlihat bertolak belakang mengingat daun semanggi merupakan simbol keberuntungan.

Yang Klasik

9. San Antonio Spurs - "go Spurs Go"

Spurs sudah menggunakan slogan ini selama bertahun-tahun. Meski sangat umum dan mainstream namun mereka mampu menjadikannya sebagai identitas yang melekat pada klub. bukanlah sesuatu yang unik namun tetap inspiratif.

8. Portland Trail Blazers - "Rip City"

Slogan yang klasik memang punya tempat yang khusus di hati para fans. Sejak dahulu istilah "Rip City" telah menjadi identitas kota Portland, dan menggunakannya sebagi slogan klub merupakan keputusan yang brilian.

Paling Bermakna

7. Houston Rockets - "Run As One"

Kalimat ini merupakan sebuah slogan yang baru tetapi bermakna. Slogan ini menegaskan bahwa Rockets bukan lagi tim yang dimotori oleh seorang pemain saja. Hal ini ditandai dengan statistik James Harden yang lebih banyak berbagi bola dibanding dengan sebelumnya.

6. Atlanta Hawks - "True To Atlanta"

Hawks menggunakan slogan "True To Atlanta" pada playoff tahun ini. Mereka sudah pernah menggunakan slogan ini sebelumnya. Slogan ini dinilai mencerminkan identitas Hawks yang sesungguhnya yang merupakan bagian penting dari keluarga kota Atlanta. Penerapannya pada kaos fans juga sangat menarik.

Nilai Tambah

5. Utah Jazz - "Take Note"

Utah  Jazz berhasil mencapai babak playoff tahun ini dan mereka tampaknya mempersiapkannya dengan baik. Slogan "Take Note" boleh dibilang sederhana namun keren.

4. Chicago Bulls - "See Red"



Finish di posisi delapan bukan momen yang baik. Namun tak ada salahnya untuk memeri dorongan ekstra bagi para fans dengan slogan yang menarik. Susunan kata "See Red" memang sederhana. Artinya pun juga sederhana : marah. Banteng, Merah, dan Marah merupakan kombinasi identitas yang cerdas.

Para Juara

3. Indiana Pacers - "One State"

Indiana Pacers memiliki salah satu slogan terbaik tahun ini. "One State" mempromosikan budaya kesatuan ala Indiana. Sayangnya kesatuan itu tak mampu membuat mereka mampu mengarungi Playoff lebih jauh karena dihajar Cavaliers 4-0.

2. Cleveland Cavaliers - "Defend The Land"

Mereka sudah menggunakan slogan yang sama tahun sebelumnya. Tahun ini mereka berstatus sebagai juara bertahan. Slogan yang bersifat patriotik sehingga seringkali disorakan dengan bangga oleh para pendukung Cavaliers.

1. Milwaukee Bucks - "Fear The Deer"

Ketahuilah, ini merupakan slogan jadul yang sangat-sangat keren. Slogan ini membuat sesuatu yang sebenarnya lemah menjadi terlihat agresif. Takutlah pada Sang Rusa ! Dan kaos fans Bucks pun juga sangat mengerikan dan mengintimidas tim lawan.

Itulah 16 slogan playoff yang digunakan oleh 16 klub NBA yang lolos Playoff tahun 2017 ini. Meskipun tidak berpengaruh secara langsung namun tentunya slogan sangat berperan dalam menaikkan moral sebuah tim. (HZ)

No comments

Powered by Blogger.