Istilah : Big Man

Yao Ming dan Shaquille O'Neal merupakan dua Big Man sukses yang pernah bermain di masa yang sama

Big Man merupakan bahasa gaul untuk menyebut seorang pemain yang mengisi posisi center. Asal usul penggunaan istilah ini adalah karena seorang center biasanya merupakan pemain dengan postur tubuh yang paling besar dan paling tinggi, dan bertugas untuk menjadi mesin rebound serta mengawal pemain raksasa dari tim lawan. Meskipun biasanya Big Man diartikan sebagai seorang center namun kadangkala juga bisa diartikan sebagai pemain dengan ukuran tubuh yang lebih besar dari rata-rata tanpa mempedulikan posisinya.

Status Big Man biasanya didapat dari besarnya ukuran tubuh seorang pemaina yang mana kondisi tersebut bermanfaat bagi tim. Dalam strategi bola basket pemain bertubuh tinggi sangat bermanfaat untuk mengeksekusi tembakan yang berkualitas, melakukan rebound dengan mudah, serta mengimbangi pemain tinggi dari tim lawan. Tinggi seorang pemain juga selalu berbanding terbalik dengan kecepatan seorang pemain. Dibanding lima posisi lainnya, center merupakan pemain dengan postur tubuh tertinggi namun kecepatannya paling lambat. Memiliki seorang Big Man yang berkualitas merupakan salah satu kunci resep untuk meraih kesuksesan dalam kompetisi bola basket.

Beberapa big man tersukses di NBA diantaranya Hakeem Olajuwon, Moses Malone, Tim Duncan, Shaquille O'Neal, Wilt Chamberlain, Bill Russell, Karl Malone, dan Kareem Abdul Jabbar.

No comments

Powered by Blogger.