Istilah : Twin Tower

Alonzo Mourning dan Larry Johnson, Twin Tower Charlotte Hornets era 90-an

Dalam bola basket istilah Twin Tower merujuk pada sepasang pemain dengan tinggi badan diatas 7 kaki (2,1 Meter) yang berkolaborasi dalam sebuah tim yang sama. Biasanya kedua orang pemain ini merupakan seorang center dan satunya lagi seorang power forward karena kedua posisi ini merupakan posisi yang diisi oleh pemain berpostur tubuh raksasa.

Twin Tower menjadi salah satu problem yang sangat berbahaya dan mematikan bagi setiap lawan-lawannya, terutama di area sekitar ring. Hal tersebut wajar, pasalnya tidak semua tim memiliki seorang pemain bintang dengan ukuran tubuh diatas 7 kaki, apalagi jika jumlahnya dua. Untuk menaklukan twin tower biasanya seorang pemain harus menyerang dari jarak dekat, memanfaatkan ukuran tubuh yang kecil untuk menerobos kedua menara ini atau beradu fisik secara langsung ketimbang mengandalkan tembakan dari jarak jauh.

Duet maut Tim Duncan dan David Robinson di San Antonio Spurs disebut-sebut sebagai twin tower paling perkasa sepanjang sejarah NBA. Selain itu ada beberapa twin tower populer lainnya dari berbagai generasi seperti Kevin McHale dan Robert Parish  dari Boston Celtics, Pau Gasol dan Andrew Bynum dari L.A Lakers, dan yang terbaru duo Anthony Davis dan DeAndre Cousins di New Orleans Pelicans.

No comments

Powered by Blogger.