Sejarah Warna Jersey Home dan Away NBA

Pemain Thunder mengenakan seragam kandangya

Dalam pertandingan olahraga warna jersey yang dikenakan kedua tim yang bertanding pada umumnya akan berbeda. Warna jersey biasanya dipilih berdasarkan warna kebesaran klub dengan tujuan yang 'utilitarian' alias menguntungkan klub tersebut.

Di Amerika Utara, sebagian besa tim Rugby dan Hoki mengenakan kaos berwarna/multi-warna pada pertandingan kandang (home) yang tentunya mempresentasikan warna klub kecuali untuk beberapa tim atau situasi/kondisi tertentu. Sementara tim yang bertandang akan dipaksa untuk mengenakan seragam warna putih yang kurang menarik bagi sebagian orang.

Dalam bola basket ternd tersebut dibalik. Sebuah aturan bola basket profesional mengharuskan tim tuan rumah mengenakan jersey terang yang mayoritas berwarna putih sementara tim tamu akan mengenakan jersey yang lebih 'eye catching' dan berwarna. NCAA, NBA, dan WNBA sebagai penyelenggara liga bola basket profesional di Amerika Utara menerapkan pedoman ini. berdasarkan buku peraturan resmi NCAA "Tim yang bertanding akan mengenakan seragam dengan warna yang kontras". "Tim tuan rumah akan mengenakan kaus dan celana berwarna terang, sementara Tim tamu akan mengenakan kaos dan celana berwarna gelap".

Bagaimana sejarahnya hingga tradisi ini dimulai? Sebuah kisah masa lalu tentang Amerika mungkin ada hubungannya dengan itu.

Menjelang pergantian abad ke-20, klub Major League Baseball (MLB) mulai mengkampanyekan penggunaan kaos biru tua, hitam, atau (bisa juga) abu-abu untuk pertandingan tandangnya dan kaos berwarna putih untuk pertandingan kandang. Saat itu tim kadaang kesulitan untuk mencari layanan laundry di luar kota mereka sendiri. Jadi selama berhari-hari, pemain tandang yang berkunjung ke beberapa kota seringkali tidak punya pilihan selain memakai kaus yang sama yang tidak dicuci untuk melakoni beberapa pertandingan tandang beruntun. Oleh karena itu pakaian yang berwarna gelap diharapkan mampu menutupi kotoran/noda yang tak terelakkan.

Pada tahun-tahun awal diselenggarakannya permainan bola basket ide putih-kandang, gelap-tandang tersebut ditiru. Tradisi tersebut diterapkan pada setiap pertandingan bola basket mulai dari tingkat sekolah dasar hingga kelas profesional. Meski begitu, pada penerapannya ada beberapa pengecualian.

Misalnya adalah Los Angeles Lakers. Pada 1967 klub tersebut mengadopsi penampilan baru yang radikal. Sebelumnya warna kebesaran Lakers adalah biru tua (navy), biru (royal blue), dan putih. Namun di tahun yang vital ini ereka memperkenalkan skema warna 'purple and gold' atau ungu dan emas seperti yang kita saksikan hingga saat ini. Lakers kemudian menjadi klub NBA pertama yang tidak menggunakan seragam kandang berwarna putih. Seragam kandang berwarna Kuning dengan cepat menjadi identitas kandang Lakers yang menghasilkan keuntungan materil.

Itulah asal-usul penggunaan warna seragam kandang-tandang yang kontras di NBA. (HZ)

No comments

Powered by Blogger.