8 Tim Yang Akan Menjadi Kompetitor Warriors di Masa Mendatang

Golden State Warriors berhasil mengalahkan Cleveland Cavaliers di Final NBA 2017. Dengan rekor menang-kalah 16-1 sepanjang babak Playoff mereka merupakan salah satu tim terkuat dalam sejarah NBA. Cavaliers sebelumnya berhasil melaju dengan rekor 12-1 sebelum dikalahkan oleh Warriors dalam lima pertandingan.

Untuk saat ini boleh dibilang Warriors adalah klub paling superior di NBA. Dihuni oleh pemain dengan skill luar biasa, bermain dengan strategi yang sangat baik, dan bila mereka mau bukan tidak mungkin titel NBA akan mereka raih lagi musim depan.

Namun semua superioritas itu pasti akan bertemu dengan sebuah 'akhir'. Meskipun tak jelas kapan 'akhir' tersebut akan tiba. Cavaliers tentu masih akan menjadi saingan terberat Warriors musim depan. Namun selain Cavs ada delapan tim yang berpotensi menjadi kompetitor Warriors di masa yang akan datang.

POTENSI UTAMA

Tim-tim yang masuk kategori potensi utama ini telah memiliki kesatuan tim yang elit. Mereka sudah lebih dari siap untuk mengakhiri golden age dari Warriors. Sebenarnya potensi itu sudah ada sejak musim 2016/2017 dimulai, hanya saja mereka kurang beruntung dalam mengeksekusi kesempatan.

1. San Antonio Spurs

Kekuatan : Mereka memiliki salah satu pemain terbaik di dunia Kawhi Leonard, pelatih paling berpengalaman di NBA Gregg Popovich, dan sebuah sistem brilian yang menonjolkan kekuatan pemain mereka serta menyembunyikan kelemahan mereka. Jika mereka bisa menambahkan pemain free-agent seperti Chris Paul, maka kekuatan tandingan akan terbentuk di wilayah barat meskipun tidak mudah untuk mendapatkan CP3.

Kelemahan : Kawhi butuh sosok yang mampu diajak berduet. Kontribusi LaMarcus Aldridge di babak playoff tidak bagus-bagus amat, sementara peran pemain yang lain kelihatannya tidak cukup membantu yang berakibat mereka di sweep Warriors di Final Wilayah barat musim ini. Selain itu mendatangkan superstar berstatus free-agent seperti Chis Paul tentu akan memakan banyak space gaji, yang tentunya harus dibayar dengan pemain cadangan yang berkualitas rendah.

2. Boston Celtics

Kekuatan : Boston berhasil finish di posisi 1 wilayah timur, dan mereka akan menjadi lebih kuat musim depan. Mereka memiliki space gaji yang lumayan untuk mendatangkan seorang bintang free-agent. Gordon Hayward digadang-gadang menjadi target utama mereka. Plus, kemungkinan besar mereka akan mendraft Markelle Fultz pada pick pertama NBA Draft tahun ini. Tidak berhenti sampai disitu. Mereka juga mendapat jatah draft pick dari Brooklyn tahun depan, yang bisa jadi merupakan pick awal. Celtic juga memiliki pemain muda berbakat yang menjanjikan seperti Ante Žižić dan Guershon Yabusele. Mereka punya banyak jalur menuju kebangkitan, entah itu menjual aset mereka atau mempertahankan tim intu. Tapi sebenarnya tidak ada pilihan yang salah bagi mereka.

Kelemahan : Tidak ada tempat untuk menyembunyikan Isaiah Thomas saat bertahan, ini merupakan masalah besar. Dia adalah pencetak poin terbaik Celtics, tapi buruk dalam bertahan. Seorang rookie seperti Fultz tidak akan menutup celah melawan salah satu tim terhebat sepanjang masa di Kelas 1, dan tidak ada jaminan bintang free-agent seperti Hayward mau bergabung dengan mereka musim panas ini. Bahkan Hayward benar-benar datang, ia tidak akan banyak membantu kelemahan pertahanan Celtics.

3. Utah Jazz

Kekuatan : Oke, mau tidak mau harus diakui bahwa musim ini Warriors berhasil men-sweep Jazz 4-0 di babak playoff. Tapi hal itu tidak lantas menunjukan bahwa Jazz merupakan tim lemah. Pembantaian tersebut terjadi juga dikarenakan bermasalahnya kondisi fisik Rudy Gobert yang menjadi salah satu pilar utama Jazz. Jika mereka mampu membuat Gordon Hayward bertahan maka status mereka akan aman musim depan. Kualitas pemain lain seperti Rodney Hood, Dante Exum, Joe Ingles, dan Trey Lyles juga semakin meningkat. Mereka semua berusia dibawah 24 tahun kecuali Ingles yang berusia 29. Dengan mempertahankan tim yang ada Jazz bakal mampu kembali ke playoff dan memberi tekanan pada tim-tim lainnya.

Kelemahan : Masa depan Gordon Hayward masih tidak jelas. Ia menjadi incaran klub-klub elit yang lebih menjanjikan bagi karirnya. Hal ini tentu menjadi momok bagi Utah Jazz yang amat mengandalkan kontribusi dari Hayward. Namun mempertahankan pemain bintang bukan hal yang mudah mengingat mereka hanya tim kuda hitam yang tidak mampu memberi banyak jaminan pada pemainnya.

POTENSI KEDUA

Pemain bintang sudah ada, daya saing sudah ditunjukkan musim ini, hanya saja tim-tim dalam kategori ini masih perlu berbenah agar mampu menyaingi superioritas dari Golden State Warriors.

4. Minnesota Timberwolves

Kekuatan : Karl-Anthony Town merupakan pemain berbakat, sama halnya dengan sosok Andrew Wiggins. Wolves juga memegang draft pick yang menjanjikan. Selain itu mereka masih memiliki space gaji yang cukup untuk mendatangkan pemain bintang.

Kelemahan : susunan pemain Wolves masih terdiri dari para pemain yang nampakya kurang cocok dalam berkolaborasi. Mereka memiliki sekelompok pemain non-penembak yang bermain sekaligus dan sangat mudah dihentikan oleh tim sekelas Warriors. Selain itu Zach LaVine juga baru pulih dari cidera ACL.

5. Milwaukee Bucks

Kekuatan : Tidak perlu dibahas panjang lebar, hanya dua kata : "Giannis Antetokounmpo"

Kelemahan : Kelemahannya ada pada para pemain lain. Khris Middleton adalah pemain yang bagus, tapi Jabari Parker telah mengalami robek ACL dua kali. Spacce gaji Bucks juga sudah mentok, sehingga untuk mendatangkan pemain baru akan menjadi tugas yang rumit bagi manajemen baru.

6. Washington Wizards

Kekuatan : Wizards merupakan salah satu tim dengan starting lineups terbaik di NBA musim ini. Empat dari lima pemain tersebut berusia dibawah 27 tahun. John Wall dan Bradley Beal menunjukkan bahwa mereka adalah salah satu pemain terbaik di liga musim ini. Jika Wizards bisa mengulangi performa baik mereka serta memperbaiki bangku cadangan mereka, itu mungkin sudah cukup untuk meyakinkan para superstar lain untuk bergabung dengan mereka.

Kelemahan : Karena percaya atau tidak klub-klub olahraga D.C telah dikutuk. Kalau mau bicara serius, alasannya adalah mereka telah mencapai batas maksimal space gaji dan harus mengeluarkan dana maksimal untuk mempertahankan Otto Porter. Pemain utama mereka memang mampu meraih hasil memuaskan berupa 49 kemenangan musim ini. Namun dengan kualitas pemain cadangan yang pas-pasan mampukah mereka mengulangi torehan ini?

7. Miami Heat

Kekuatan : Heat yang sekarang bukan lagi Heat yang punya LeBron James, Dwyane Wade, dan Chris Bosh. Namun mereka masih bisa meraih kemenangan demi kemenangan bila sedanga bermain naik. Hassan Whiteside merupakan kunci dari kekuatan Heat. Tim ini akan menjadi ancaman yang serius bagi Warriors bila mampu mendatangkan beberapa marquee player pada musim panas ini.

Kelemahan : Mereka sedang terjebak situasi yang sulit. Tidak ada pemain muda berbakat di tubuh Heat. Sementara itu mereka juga sudah kehilangan sejumlah draft pick di NBA draft mendatang dalam usaha mendatangkan Goran Dragic pada tahun 2015.

POTENSI KETIGA

Dalam waktu dekat tim dalam kategori ini mungkin mustahil mampu bersaing dengan Warriors dalam berburuan gelar NBA. Namun melihat adanya bibit-bibit muda yang memperkuatnya maka tim dalam kategori ini tidak boleh disepelekan karena berpotensi menjadi future power.

8. Philadelphia 76Ers

Kekuatan : Dari 31 pertandingan yang dimainkannya, Joel Embiid adalah salah satu pemain paling berpengaruh di NBA. Mereka juga punya Ben Simmons dan Dario Saric yang merupakan calon superstar NBA masa depan. Plus, mereka punya pick No. 3 di NBA Draft tahun ini. Dengan mendatangkan pemain berpengalaman 76Ers dipercaya mampu menjadi pesain Warriors di masa yang akan datang.

Kelemahan : Tidak ada jaminan bahwa Embiid dapat terus berada dalam kondisi prima. Masa depan Simmons juga tidak pasti. Tidak ada yang tahu bisakan talenta-talenta muda ini berkolaborasi dengan apik. Masa depan 76Ers masih sekedar perkiraan yang belum pasti.

No comments

Powered by Blogger.